Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar.

Makassar, Karebaindonesia.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar secara tertutup.

Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan massa pada pendukung pasangan calon (Paslon) yang akan hadir di lokasi kegiatan nantinya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di kantor KPU Kota Makassar, Jalan Perumnas Antang Raya, Manggala, Kota Makassar.

Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar mengatakan, untuk mengantisipasi kerumunan, KPU hanya mengundang Liaison Officer (LO) paslon saja.

“Yang kita undang untuk penetapa itu cuma LO. Jadi tidak ada kerumunan. Masing-masing kandidat cuma satu LO,” ujar Gunawan kepada Karebaindonesia.id, Selasa (22/09/2020) siang.

Pada penetapan calon nantinya akan diawali dengan rapat pleno tertutup, kudian dilanjutkan dengan penyerahan berita acara dari KPU Makassar kepada (LO) paslon dan Bawaslu Makassar.

“Nanti diawali dengan rapat pleno tertutup dan akan menyerahkan hasil berita acara penetapan ke LO, sekaligus kita umumkan di halaman web KPU nanti bahwa calon-calon ini yang memenuhi syarat sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar,” jelasnya.

Selain itu, KPU juga akan meminta kepada LO untuk menyampaikan kepada para Paslon agar membuat rekening dana kampanye.

“Nantinya Bawaslu akan memberikan mereka (LO) pengantar untuk membuat rekening dana kampanye karena rekening dana kampanye merupakan syarat wajib,” kata Gunawan.

Lebih lanjut, KPU Kota Makassar bakal menerapkan protap Covid-19 yang lebih ketat dari proses pendaftaran sebelumnya.

“Protap covid nya kami jauh lebih ketat dari pendaftaran. Semua tim Paslon wajib masker, kaos tangan, face shield serta mik pakai cover. Serta dokumen yang di bawah atau properti itu harus disemprot disinfektan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *