Sumber gambar: WhatsApp

Makassar, karebaindonesia.id – Dalam rangka menciptakan pemilihan kepala desa, kepolisian daerah Sulawesi Selatan mengadakan Focus Grup Discussion dengan tema “Literasi Politik dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Desa 2021”

Focus Grup Discussion yang dilaksanakan di Hotel Harper Jln Perintis Kemerdekaan Kota Makassar pada Senin 24 Mei 2021 Pukul 09.00 Wita.

Dalam kegiatan ini turut hadir sebagai Panelis Faisal Amir (Ketua KPU Sulsel), Suryadi (PMD), Sri Rahayu Usmi (Ketua APDESI), Luhur A. Prianto (Pengamat Politik) , Andi Ali Armunanto (Akademisi/Penasehat Serum Institute).

Andi Ali Armunanto dalam Fokus Grup Discussion menjabarkan bahwa, hubungan- hubungan sosial yang di konfrensi pada kepentingan emosional politik sehingga tingkat militansi yang sangat tinggi dan itu terjadi di pemilihan desa.

“Karena militansi yang sangat tinggi sehingga gesekan kepentingan dalam pemilihan kepala desa sangat berpotensi Lebih lanjut terkait mekanisme penyelesaian konflik belum ada instrumen,” tuturnya.

Lebih lanjut kata dia, tidak adanya mekanisme penyelesaian konflik jika terjadi konflik di pemilihan desa, maka peran aparat kepolisian sangat vital dalam hal ini untuk mediasi / meminimalisir sejak dini.

“Dalam pemilihan desa, solusi yang ditawarkan oleh Serum Institute adalah peran semua pihak dalam memberikan pendidikan Politik yang menyeluruh dan berkelanjutan agar masyarakat menjadi bagian penting bersama dengan stakeholder yang lain dalam menciptakan pemilihan yang bermartabat,” tutup Andi Ali Armunanto.

1 thought on “Jelang Pemilihan Kepala Desa 2021, A. Ali Armunanto : Pendidikan Politik Sangat Penting!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *