Habib Riziq, Pemimpin Front Pembela Islam.

Jakarta, karebaindonesia.id – Mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab pada lebaran tahun ini melaksanakan ibadah Salat Ied di Rumah Tahanan Bareskrim, Kamis (13/5).

Terdakwa beberapa kasus tersebut merayakan Lebaran tahun ini bersama para tahanan lain.
Rizieq diketahui mesti mendekam di balik jeruji besi setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan penghasutan hingga pelanggaran protokol kesehatan.

Dilansir oleh karebaindonesia.id dari cnnindonesia.com, Habib Riziq sempat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, tapi akhirnya dipindahkan ke Rutan Bareskrim Polri.

“Salat Ied bersama para tahanan dan halal bihalal di rutan,” kata kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar saat dikonfirmasi, Kamis (13/5).

Di sisi lain, Aziz menuturkan, sejauh ini belum ada anggota keluarga yang menjenguk Rizieq ke rutan pada lebaran hari pertama ini.

“Belum ada yang menjenguk,” ucap Aziz.

Diketahui, Rizieq saat ini tengah menjalani proses persidangan atas sejumlah kasus hukum yang menjeratnya.

Pertama, kasus kerumunan dan dugaan penghasutan di Petamburan. Dalam kasus ini, Rizieq didakwa menghasut masyarakat untuk melanggar kekarantinaan kesehatan dengan menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat di tengah pandemi virus corona.

Kedua adalah kasus kerumunan massa di Megamendung, Kabupaten Bogor. Rizieq didakwa telah melanggar Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan karena menghalangi penanggulangan wabah virus corona.

Terakhir, kasus dugaan pemalsuan hasil tes swab di RS Ummi Bogor. Perkara ini diketahui turut menjerat menantu Rizieq, Hanif Alatas, dan Direktur RS Ummi, Andi Tatat.

Rangkaian perkara hukum yang menjerat Rizieq Shihab bermula dari kunjungannya ke sejumlah titik setibanya di Indonesia usai tiga tahun menetap di Arab Saudi. Kedatangannya ke sejumlah acara itu disebut-sebut memicu kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Mantan Pemimpin FPI Rizieq Shihab di dalam mobil tahanan saat menuju Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *