Unismuh Makassar PTS Terbaik Se-Indonesia Timur

Makassar, karebaindonesia.id,- Pengumuman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 5 bidang baru saja diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) pada 5 Agustus 2020 melalui situs resminya. Sebanyak 3.789 judul PKM dari 5 bidang tersebut akan mendapatkan dana insentif dari pemerintah untuk realisasi.

Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta siap bersaing dalam merebut kesempatan ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) nantinya. Salah satunya adalah kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang berhasil meloloskan 28 judul PKM.

Surat Edaran Dikti tentang Pengumuman Pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020

Berkat perolehan tersebut, kampus yang khas dengan gedung Al-Manarnya itu menjadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik se-Indonesia Timur, mengungguli perolehan Universitas Muslim Indonesia (23 judul), STKIP Muhammadiyah Bone (15 judul), dan Universitas Bosowa (6 judul). Jika diranking dengan kampus negeri, Unismuh Makassar bahkan menempati peringkat ketiga Perguruan Tinggi (PT) Se-Indonesia Timur di bawah perolehan Universitas Hasanuddin (113 judul) dan Universitas Negeri Makassar (85 judul). Perolehan ini merupakan peningkatan drastis jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, di mana Unismuh hanya mampu meloloskan kurang dari 10 judul.

PKM 5 Bidang terdiri dari Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Bidang Penelitian (PKM-P), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Bidang Teknologi (PKM-T), dan Bidang Karsa Cipta (PKM-KC). PKM yang lolos selanjutnya akan melalui proses realisasi, kemudian akan mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) di hadapan mentoring utusan Dikti.

Dari hasil monev tersebut, setiap PKM akan dinilai dan ditentukan proposal mana yang layak mendapatkan tiket menuju PIMNAS. Lalu saat berlaga di ajang PIMNAS, PKM yang terpilih dari mahasiswa se-Indonesia yang mewakili kampusnya masing-masing akan mempresentasikan laporan akhirnya di hadapan dewan juri untuk memperebutkan medali.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *