karebaindonesia.id,- Berbicara tentang pesona wisata yang ada di Indonesia, tentu orang-orang Turis akan langsung memikirkan Pulau Dewata, Bali. Banyak pendatang dari luar negeri yang ketika mengunjungi Negara mayoritas islam ini, selalu menjadikan Bali adalah tujuan untuk berwisata. Padahal mereka dan sebagian dari kita tak tahu, bahwa di sebagian pulau yang terletak di Indonesia memiliki tempat yang lebih indah dari Bali.

Lombok merupakan salah satu pulau yang tak dapat terpisahkan dari keberanekaragaman Indonesia. Pulau ini terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, terpisah di antara selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan selat alas dari Sumbawa di sebelah timur. Pulau yang memiliki luas mencapai 5.435 km²  ternyata memiliki objek wisata yang tak kalah keren dari Pulau Dewata, Bali, bahkan mampu mengalahkan eksotisme wisata yang terletak di beberapa tempat di Bali.

Beberapa daftar wisata di pulau Lombok yang akan membuat anda berhasrat untuk mengunjunginya

1. Pantai Tanjung Bloam

Anda pasti tak pernah menduga, bahwa tempat keren seperti ini terletak di Pulau Lombok. Tempat itu adalah Pantai Tanjung Bloam yang letaknya di bagian selatan Lombok. Sensasi paling utama dari pantai berpasir putih ini adalah barisan batu karang yang tersusun megah di sekitarnya. Bukan hanya itu, ada juga dua buah tebing karang yang mencuat dan dapat anda jadikan sebagai tempat berswafoto paling tepat nan menawan. Ombak di pantai Tanjung Bloam cukup tinggi, jadi bagi anda yang ingin berenang atau berselancar harus berhati-hati karena akan cukup berisiko. Banyak penduduk sekitar yang menyangka bahwa pantai ini mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Namun, jika anda datang dan melihat langsung, anda pasti akan setuju, jika pantai ini jauh lebih indah.

2. Pantai Tangsi

Pantai ini sangat familiar disebut sebagai pantai pink, karena warna pasirnya yang menyerupai warna merah muda. Hal ini terjadi karena pasir yang ada di Pantai Tangsi merupakan perpaduan antara pasir putih dan pasir merah yang berasal dari koral ditambah pecahan-pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan. Akibat dari perpaduan tersebut, pasir pantai ketika terkena cahaya matahari akan membuat seluruhnya berwarna pink. Jika anda ingin berkunjung, maka waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah mulai pukul 08.00 sampai petang pukul 16.00. Karena di waktu itu, sinar matahari memantulkan warna merah muda yang berkilau dan indah. Sayangnya, pantai ini fasilitasnya masih belum lengkap seperti toilet, warung dan penginapan nyaris anda takkan bisa menemuinya. Akses untuk berlibur ke pantai ini ada dua cara, pertama anda dapat melalui jalan darat tetapi jalannya masih rusak dan berlubang, kedua anda dapat melalui jalur laut yakni dengan menyewa jasa penyeberangan perahu yang dapat anda temui di pelabuhan Tanjung Luar. Namun di luar dari itu, tentu pasti anda akan sepakat jika Pantai Tongsi memiliki keindahan yang dapat memanjakan setiap pengunjungnya

3. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Jika anda bosan dengan suasana pantai, anda boleh datang ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang memiliki keindahan bukit-bukit hijau yang masih asri. Taman ini terletak di bagian Pantai Selatan Lombok. Di tempat ini, anda akan dimanjakan oleh lukisan panorama laut yang takjub dan tebing-tebing karang yang memukau. Bukan hanya itu, anda juga dapat menikmati semua itu jika menaiki sebuah menara pandang yang sekilas mirip tower listrik. Menara ini cukup tinggi dan berdiri kokoh di bibir tebing yang ada di Taman. Untuk memanjatnya diperlukan keahlian khusus, karena ketika semakin berada ke atas, angin kencang akan membuat jantung anda seketika ikut berdebar kencang

4. Air Terjun Penimbungan

Lombok selain terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, juga memiliki keindahan air terjun yang tak kalah memukaunya. Salah satu air terjun yang bisa anda kunjungi adalah Air Terjun Penimbungan yang pesonanya tak kalah dengan pemandangan Rinjani. Untuk menuju ke Air Terjun ini, anda akan melakukan pendakian selama dua jam dari pintu masuk Torean. Meski sedikit melelahkan, namun ketika berhasil melewatinya, anda akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun dan sekitarnya yang begitu liar, alami dan eksotis

5. Air Terjun Mangku Sakti

Banyak yang belum tahu, bahwa di Lombok memiliki air tejun yang indah dan mengesankan. Seperti Air Terjun Mangku Sakti yang  dapat kamu jumpai di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Untuk menuju ke sana anda akan menempuh perjalanan sejauh 175 km dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Hal yang paling mengesankan dari air terjun ini adalah formasi dan struktur bebatuan di sekitarnya seperti pahatan indah karya maestro ternama. Jika anda masih belum percaya, cobalah datang dan buktikan sendiri.

Sebenarnya masih banyak tempat di Lombok yang wajib kamu ketahui dan datangi. Namun, dari beberapa yang telah diuraikan di atas, pasti anda setuju bahwa di Lombok memiliki wisata yang mampu mengalahkan keindahan wisata yang ada di Bali.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *