Makassar, karebaindonesia.id – Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH), Ambo Asse mengatakan bahwa alumni UNISMUH yang berjumlah sekitar 3000 sarjana setiap tahun dicetak kampus agar mampu jadi pencipta kerja dengan mempekerjakan banyak orang dan jangan hanya jadi pencari kerja.

Hal itu disampaikannya saat membuka Webinar yang digelar Pusat Layanan Pengembangan Karir dan Informasi Kerja (PLPKIK) Unismuh Makassar pada Sabtu-Ahad, 26-27 Desember 2020 lalu.

“Menjadi pencipta kerja yang sukses maka dibutuhkan kejujuran, komitmen untuk selalu ingin berhasil dan sukses serta punya prinsip hidup Al-Islam,” ungkapnya.

Tambahnya pula, dia juga berpesan bagi alumni yang ingin sukses dalam bekerja maka ada tujuh hal yang perlu dilakukan. Ketujuh hal itu adalah fokus serius pada pekerjaaan, istiqamah, ikhlas, bersungguh sungguh, sabar, komunikasi dengan Tuhan, dan bersyukur.

Sementera itu, Ketua PLPKIK Unismuh Makassar, Muhammad Tahir dalam laporannya mengatakan bahwa pencari kerja setiap tahun cukup tinggi, sehingga perlu upaya meningkatkan keterampilan agar para alumni yang akan masuk pasar kerja memiliki pemahaman dan orientasi pada dunia kerja.

Webinar Orientasi Dunia Kerja, yang mengangkat tema “Excellent Career Preparation for Excellent Future” ini diharap untuk alumni UNISMUH untuk mendapat bekal pengetahuan dan orientasi dalam dunia kerja.

Webinar yang dilaksanakan selama dua hari ini diisi oleh sejumlah pemateri. Di hari pertama dengan pemateri;
1. Baso Alim Bahri (General Manager PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk) dengan materi Impact Full Job Interview.
2. Baharuddin Mustamin (Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar) dengan materi Ketenagakerjaan

Di hari kedua Ahad dengan pemateri;
1. Azfa Mutiara Ahmad Pabulo (Founder Sekolah Wirausaha Desa Kordinator LUNAS DIY) dengan materi Membangun Jiwa Wirausaha
2. Basri Basir (Ketua Inkubator Kewirausahaan Unismuh Makassar) dengan materi Teknik Promosi dan Branding Produk.
3. Muhammad Tahir (Wakil Rektor III Unismuh Makassar)
dengan materi Penguatan Kemahasiswaan dan Alumni.

Moderator: Nasharuddin (Sekretaris PLPKIK Unismuh Makassar).[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

16 thoughts on “Ambo Asse Harap Alumni UNISMUH Jadi Pencipta Kerja, Bukan Pencari Kerja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *