Acara Kopi Ternak, 22/1/2021 di Desa Balangtanaya

Takalar, karebaindonesia.id—Komunitas Dewagun dan Komun itas Muda Peternak menggelar diskusi seputar pengolahan manajemen unggas dan penandatanganan secara simbolik dari pihak Porkofimda Takalar, tokoh masyarakat dan komunitas Dewagun, Jumat (22/1/2021)  di Desa Balangtanaya, Kabupaten Takalar.

Acara yang dikemas oleh pemuda yang tergabung dalam komunitas Dewagung bernama Kopter (Kopi Peternak) berlangsung secara meriah dan diikuti oleh pejabat daerah Takalar, juga pegiat peternak unggas, beserta masyarakat Desa Balangtanaya.

Husain Hasyim, Inisiator Komunitas  Dewagun menyebut bahwa inisiasi atau gerakan kampung  ternak ini adalah bentuk gerakan memulihkan ekonomi masyarakat desa di masa pandemi ini, bukan hanya itu, tagline yang di usung adalah “saatnya yang muda beternak” ini mengajak seluruh pemuda khususnya di Desa Balangtanaya memiliki kesibukan yang bermanfaat, sehingga angka kejahatan atau pengangguran bisa tertekan.

Saatnya yang muda beternak, adalah ajakan bagi kaum muda untuk melakukan giat positif,  kita akan mengubah citra Balangtanaya menjadi daerah yang berpotensi besar, dan jalur peternakan kami gunakan sebagai bentuk aktifitas yang menghasilkan tersebut.” Tukasnya.

Komunitas Dewagung dan seluruh pejabat Forkopimda Kabupaten Takalar di acara kopter (Kopi Ternak) Desa Balangtanaya

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Takalar mengatakan saatnya Takalar mewujudkan peternakan yang unggul dan profesional, Balangtanaya akan kita dorong menjadi daerah dengan wajah ternaknya. Kami harap masyarakat  turut aktif berpartisipasi.

Lanjuut, Kepala Kejaksaan  Republik Indonesia (Kajari) Kabupaten Takalar menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap inisiasi Balangtanaya menjadi  percontohan kampung ternak di Takalar, ia menyebut,

“Angka kejahatan anak muda salah satunya dipengaruhi oleh kesibukan yang tidak positif, dengan ajakan yang muda beternak ini diharapkan memiliki efek baik dan semangat bagi pemajuan ekonomi, khususnya di Desa Balangtanaya ini”

Komandan Kodim 1426 Takalar, Letkol Catur Witanto  menambahkan, Desa Balangtanaya akan didorong menjadi percontohan manajemen peternakan. Potensi daerah Takalar di bidang peternakan ini harus digerakkan.

Sementara Wakil Bupati Takalar, Achmad Daeng Se’re dalam sambutannya mengharapkan Balangtanaya akan menjadi sentra unggas di Takalar, ia juga mengatakan bahwa Balangtanaya harus didorong menjadi desa pariwisata bidang peternakan.

“Desa Balangtanaya sangat layak dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Dari segi alam juga fasilitas yang ada di dalamnya layak untuk kita kunjungi, apalagi inisiasi percontohan kampung ternak di Balangtanaya, tentu akan banyak mengundang untuk datang mengunjungi tempat ini”

Lanjut Ajjiku, sapaan akrab wakil Bupati Takalar mengatakan Balangtanaya akan segera menyambut tamu dari provinsi, rencananya Wakil Gubernur Sulawesi Selatan menyambangi Desa yang terletak di Polongbangkeng Utara ini.

Acara Kopter ditutup dengan  acara penandatanganan secara simbolik Prasasti Balangtanaya sebagai percontohan kampung ternak di Kabupaten Takalar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *