12 klub Eropa yang sudah resmi ikut serta dalam kompetisi European Super League.

Eropa, karebaindonesia.id – Baru-baru ini 12 klub Eropa, resmi mengumumkan sebuah kompetisi baru yang diberi nama European Super League. Kompetisi ini akan dimulai bulan Agustus. Diikuti oleh 20 tim, 15 tim merupakan anggota tetap yang akan terus bermain,
yakni para pendiri kompetisi ESL. Lima sisanya merupakan klub lain yg akan berganti-ganti setiap tahunnya.

Pertandingan European Super League (ESL) akan dilaksanakan saat weekday, sehingga tak menganggu liga yang biasanya dilaksanakan pada saat weekend. Dan akan diatur sedimikian rupa, agar tidak menganggu kompetisi lainnya.

Salah satu tujuan kompetisi ini adalah finansial, seperti kita ketahui kondisi pandemi ini menyebabkan krisis ekonomi. Termasuk juga dialami oleh klub sepakbola.

Lalu bagaimana respon UEFA? UEFA merespon dengan membuat statemen penolakan, barengan dengan FIFA, pihak federasi sepakbola Inggris (FA), Italia (FIGC) & Spanyol (RFEF), termasuk juga bersama panpel EPL, La Liga, & Serie A. Mereka semua kompak menolak sistem kompetisi ESL.

UEFA merasa kompetisi ESL tidak adil karena diikuti oleh segelintir klub saja, dan tidak bersifat open kompetisi, atau dengan kata lain tidak mudah diikuti oleh tim-tim yg lain. Jika memaksa untuk terus melaksanakan ESL, maka UEFA akan mengambil langkah tegas.

Dilansir dari situs resmi UEFA, uefa.com, kabarnya klub yang ikut ESL akan di-banned dari liga, dan dari kompetisi Eropa serta dunia. Para pemain yg ikut ESL tak boleh memperkuat timnas.

“Jika ini akan diwujudkan, kami dan juga FIFA dan seluruh anggota asosiasi internasional ini akan bersatu dan akan mencoba menghentikan proyek sinisme ini yang hanya akan menguntungkan para klub pendiri. Ini adalah waktu untuk solidaritas. Kami akan mempertimbangkan segala hal yang mungkin kami lakukan baik di level judisial hingga olahraga untuk mencegah terjadinya kompetisi ini. Sepakbola seharusnya didasarkan pada persaingan terbuka dan pencapaian yang Anda catatkan saat ini, tidak ada cara lain yang lebih layak dari itu.”

“Seperti yang telah disampaikan oleh FIFA dan enam konfederasi yang bernaung di bawahnya, klub yang ikut dalam kompetisi ini akan dilarang berkompetisi di ajang nasional, regional, hingga internasional. Bahkan pemain yang terlibat kemungkinan akan disanksi dari kemungkinan bermain di timnas. Kami berterima kasih pada posisi yang diambil klub Perancis dan Jerman yang menolak undangan kompetisi ini. Kami akan meminta dukungan seluruh penggemar sepakbola bahkan politisi untuk membantu kami memerangi kompetisi ini. Keegoisan dalam sepakbola telah berjalan cukup lama dan ini adalah waktunya mengatakan jika ini adalah batasannya.”

Adapun 12 klub yang sudah resmi ikut dalam kompetisi European Super League (ESL) dan siap menerima sanksi dari UEFA dan FIFA adalah:

Ac Milan
Juventus
Inter Milan
Manchester United
Liverpool
Manchester City
Arsenal
Chelsea
Tottenham
Barcelona
Real Madrid
Atletico Madrid

Sementara klub lainnya termasuk PSG, Bayern Munchen dan Borusia Dortmund masih menunggu keputusan apakah akan menyatakan ikut atau tidak.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *