karebaindonesia.id,- Manusia merupakan makhluk Tuhan yang tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Terkadang kekurangan yang membuat setiap orang merasa terpuruk diantara orang lain, padahal setiap manusia memiliki sisi kelebihan yang akan menutupi segala kekurangan di dalam diri mereka. Disisi lain, terkadang orang-orang hanya mampu menilai diri orang lain dari apa yang mereka lihat dan bukan dari apa yang mereka rasakan ketika telah saling mengenal lebih dalam. Merasa buruk dan menilai diri sendiri  terjadi karena adanya rasa ketakutan jika suatu saat dihujat dan direndahkan, hal itulah yang selalu terlintas bagi orang-orang yang insecure. Nah, insecure merupakan kondisi psikologis seseorang yang membuat mereka akan merasa cemas dan takut sehingga orang yang mengalami insecure lebih sering tidak percaya diri terhadap apa yang ada di lingkungan dan sekitarnya. Inilah lima tanda-tanda yang akan terjadi bagi orang yang mengalami insecure dalam dirinya, sebagai berikut:

1. Menghindari Lingkungan yang Ramai

Orang yang mengalami insecure akan sangat takut untuk bergaul dengan orang banyak,  bahkan takut bergaul dengan orang yang baru dikenalnya. Bahkan mereka sulit untuk memulai suatu pembicaraan bersama orang lain karena yang hanya ada dalam benak seorang insecure adalah bahwa mereka orang yang tidak berguna dan tak pantas untuk bergaul. Seseorang yang merasa dirinya insecure akan timbul  jika mereka dihadapkan pada situasi dimana mereka sudah tak dilirik atau tidak diperlukan lagi untuk berada pada lingkungan atau tempat yang dipijakinya.

2. Hilangnya Rasa Kepercaya Diri

Rasa kepercaya diri merupakan salah satu cara seseorang untuk akrab dengan orang lain. Rasa percaya diri muncul karena tak ada lagi  yang harus dipikirkan selain berkelakuan seperti  apa yang mereka anggap nyaman dan merupakan gaya  mereka  untuk menarik perhatian orang banyak. Namun, berbeda halnya dengan orang yang memiliki sifat  insecure. Mereka yang memiliki sifat insecure akan kehilangan kepercayaan diri dalam mengekspresikan apa yang mereka inginkan. Susah dalam berkarya dan susah untuk mengenal lebih dekat dengan orang lain walau sebenarnya tidak semua orang memiliki  ucapan yang buruk sampai melukai hati seseorang yang berjiwa insecure.

3. Memandang Diri dengan Penuh Kerendahan

Setiap orang pasti akan merasa bangga jika mereka berpendapat bahwa diri mereka begitu keren dan menakjubkan. Tapi tidak dengan orang yang merasa insecure, mereka hanya akan memandang diri mereka serendah-rendahnya. Bahkan potensi yang telah ada sejak lahir tidak mereka hiraukan, bahkan mereka memandang bahwa merekalah orang yang paling rendah dan yang paling tidak ada gunanya berada bersama orang-orang hebat. Bukan hanya kepintaran saja yang mengakibatkan jiwa insecure terlahir pada diri orang lain, tetapi yang banyak mengakibatkan seseorang menjadi lebih insecure adalah wajah dan kulit mereka.

4. Selalu Membanding-bandingkan Diri dengan Diri Orang Lain

Seorang insecure akan lebih banyak menuntut dirinya sendiri  untuk dapat membanding-bandingkan dirinya dengan diri orang lain. Seorang insecure akan menganggap bahwa orang lain terlihat beruntung dari pada mereka. Mereka seakan tidak ada gunanya untuk hidup bernapas di muka bumi ini.

5. Ingin Mendapatkan Pujian yang Lebih

Seorang insecure identik dengan tekanan yang mereka lakukan pada diri mereka sendiri. Tekanan mereka selalu menyalahkan diri karena tidak bisa menjadi seperti apa yang orang lain miliki. Maka mereka yang memiliki jiwa-jiwa insecure akan merasa lebih senang dan lebih berbangga diri jika ada yang memuji mereka. Bahkan satu pujian kecil akan mereka anggap sebagai pujian yang sangat berharga bagi diri mereka. Selain itu, mereka tidak akan pernah berhenti berbangga diri jika mereka selalu mendapatkan pujian dari orang lain.

Sumber Gambar: Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *