karebaindonesia.id,- Salat adalah hal yang wajib bagi umat muslim dan merupakan rukun iman yang kedua. Selain salat wajib, ada salat sunah yang mengandung berbagai macam manfaat dalam kehidupan baik dunia maupun akhirat. Namun, pada intinya melaksanakan salat wajib lima waktu ditambah salat sunah rawatib adalah hal biasa, tetapi bagi sebagian orang menganggap bahwa itu memberatkan. Selain itu, orang-orang juga akan mengatakan bahwa salat biasa saja suka bolong-bolong, apalagi ditambah salat sunah. Bagi kaum muslim yang melaksanakan salat sunah akan beralasan lain dari pada orang yang tidak melaksanakan salat sunah. Salat yang selalu dikerjakan dan mengandung banyak manfaat bagi orang lain adalah salat tahajud di malam hari.

Tahukah kalian, salat tahajud mengandung banyak sekali manfaat yang dapat berarti untuk umat muslim dalam menjalani kehidupan, berikut penjelasannya.

  1. Menenangkan hati dan Pikiran

Bagi kalian yang sering mengalami rasa kegundahan dan kegelisan dalam urusan dunia, sebaiknya anda melaksanakan salat tahajud. Ketika melakukan salat ini disepertiga malam, Insya allah akan menenangkan kegundahan hati dan pikiran yang selalu menghantui diri.

Diriwayatkan dalam H.R.Muttafaqun’alaih, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda “Apabila Ia terbangun menyebut nama Allah, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila Ia salat, terurailah simpul yang terakhir. Maka Ia di pagi  hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya.”

2. Memudahkan Doa dikabulkan

Waktu yang sangat tepat untuk berdoa adalah di waktu sepertiga malam. Di tengah heningnya malam, setiap umat muslim yang berdoa pasti akan lebih khusyuk dalam melantunkan doa-doa mereka. Keluarkan segala bentuk doa-doa yang ingin kita minta pada saat itu, bahkan kadang kita bisa memintanya sambil menangisi apa yang hari ini telah melukai hati kita.

Diriwayatkan dalam H.R Muslim no.757, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.”

3. Perantara Masuk Surga

Salat tahajud dipercaya oleh kaum muslim sebagai perantara untuk masuk surga. Terdapat dalam H.R. Ibnu Majah yang diriwayatkan Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda “Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.”

4. Menjaga Iman

Melaksanakan salat tahajud, dapat menjaga iman umat muslim agar selalu beristiqamah dan mengingat Allah dalam segala urusan. Seseorang yang selalu melaksanakan salat tahajud dapat merasakan hati  yang begitu tenang dan tidak mudah marah.

Pada QS. Al-Furqan: 63-64 Allah berfirman “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.”

5. Menyehatkan Tubuh

Salat tahajud bukan hanya sebagai cara kita mendekatkan diri pada Allah. Namun dari pelaksanaan salat tahajud, kita  akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan fisik. Contohnya, salat tahajud dijadikan sebagai terapi diri dalam menghindari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan  jasmani.

Sumber Gambar: Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *