Makassar, karebaindonesia.id – Pada hakikatnya hutan mangrove berfungsi untuk melindungi daratan dari gelombang laut, selain itu tanaman ini juga berperan dalam mengurangi abrasi akibat gelombang air laut.

Beberapa komunitas di Kota Makassar bekerja sama dalam kegiatan kolaborasi penanaman mangrove yang mengusung tema, “Merawat Magrove untuk Pesisir Hijau”. Harapannya, dapat memotivasi masyarakat umum, khususnya menciptakan generasi untuk selalu semangat dalam menyelamatkan hutan magrove.

Diketahui, sejumlah komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah, Aktivitas Sosial Indonesia (AKSI), Ecxellent Islamic Generation (EXIT), Komunitas Peduli Sesama (KPS), Pray For Sulawesi Selatan (Pray For), Jejak Tau Kamase (Jetaka), Komunitas Siri’ Napacce (Konsina), Nafas Langit, Ikatan Keluarga Lantebung (Ikal), dan Remaja Peduli Kampung (RPK) .

Nawir selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan, upaya dilaksanakannya kegiatan ini terdapat sekurang-kurangnya 3 landasan utama. Yaitu, menjaga dan merehabilitasi ekosistem Pesisir Lantebung, membantu produktivitas perekonomian nelayan lepas, dan mendemonstrasikan atau mengampanyekan lingkungan pesisir sebagai upaya menjaga keberlangsungan ekosistem.

“Data dari Kementerian Lingkungan Hidup 50% Ekosistem Magrove sudah mengalami kerusakan dan 50% lainnya kurang maksimal dalam pengelolaannya,” Ujar Nawir selaku Ketua Pelaksanaan Kegiatan.

Lanjut dia katakan, sesuai dengan tahun 2021, maka kegiatan ini juga akan menanam sebanyak 2021 bibit pohon mangrove untuk pesisir Lantebung. Kegiatan ini akan di gelar pada Sabtu-Minggu, 30-31 Januari 2021 mendatang.

“Untuk menyukseskan kegiatan tersebut kami membutuhkan Bantuan Donasi dalam pembelian bibit mangrove. Ayo! saluran bantuan donasi terbaik anda, untuk pengiriman bisa melalui Bank BRI : 4987-01-017522-53-8 (Mariani) atau menghubungi nomor WA 081930237021 (Nawir) dan 089525782089 (Mariani),” tutupnya.

23 thoughts on “Cintai Alam, Sejumlah Komunitas Melakukan Kolaborasi Penanaman Mangrove”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *