Oleh : Noor Aisyah s Lamawulo

ilustrasi (karebaindonesia.id)

karebaindonesia.id – COVID-19 menular dengat sangat cepat ke manusia dan Penyebarannya sudah meluas kepuluhan negara salah satunya termasuk di Indonesia, hanya dalam beberapa bulan penyebarannya sangat cepat dan membuat beberapa negara menerapkan kebijakan berlakunya lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona. Tepat pada 1 Juni 2020 Pemerintah memberlakukan New Normal dengan peraturan tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berpergian ke luar rumah. New Normal adalah perubahan prilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih terus mewabah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dan pada tanggal 3 Juli 2021 pemerintah memberlakukan PPKM atau Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

PRESIDEN Joko Widodo telah mengumumkan larangan mudik untuk semua warga negara setelah sebelumnya bersifat imbauan saja.

Hal ini sangat penting mengingat saat ini telah mewabah dan tingkat korban Covid-19 semakin meningkat, update terakhir minggu 11 juli 2021 dari beranda Covid19.go.id, korban Covid-19 yang positif berjumlah 2.527.203, korban Covid-19 yang sembuh 2.084.724 dan korban Covid-19 yang meninggal 66.464. Larangan ini tidak lain demi mencegah penyebaran Covid-19.

Keputusan ini patut diapresiasi mengingat bahaya yang akan timbul bila mudik tetap berjalan. Larangan ini sebenarnya selaras dengan berbagai imbauan, arahan, dan keputusan yang sudah tersebar secara masif untuk tetap tinggal di rumah.

Keputusan ini sangat dibutuhkan dalam rangka penguatan arahan tetap tinggal di rumah, belajar di rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah, menjaga jarak, tidak berkerumun dan JANGAN MUDIK DULU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *