karebaindonesia.id,- Kesehatan merupakan hal yang paling berharga bagi setiap manusia. Jika kesehatan terganggu maka aktivitas tidak akan berjalan dengan lancar. Setiap orang selalu melakukan segala cara demi melindungi kesehatannya. Bahkan, orang-orang menggunakan cara-cara tradisional agar mendapatkan kesehatan yang mereka inginkan. Banyak tanaman tradisional yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan, salah satunya adalah daun sirih. Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan.

1. Mengobati Mimisan

Daun sirih mengandung antioksidan yang dapat digunakan dalam proses penyembuhan luka, termasuk mempermudah dalam membekukan darah. Maka jika kalian mimisan, kalian bisa menggunakan daun sirih sebagai obat penawar ketika darah dihidung kalian tidak berhenti mengalir. Caranya dengan menggulung-gulung daun sirih hingga menjadi gulungan yang kecil, lalu masukkan ke dalam lubang hidung. Hirupan daun sirih dapat dengan mudah mengatasi hidung yang mimisan. Diamkan selama 10 menit, karena daun sirih memiliki sensasi dingin ketika dihirup masuk ke dalam Hidung.

2. Meminimalisir Pelebaran Tanda Lahir

Manfaat daun sirih yang dapat meyembuhkan luka, maka dapat juga digunakan sebagai bahan untuk mencegah dan meminimalisir pelebaran tanda lahir disekitar kulit. Tanda lahir identik dengan luka dalam yang dialami disekitar area kulit. Menggunakan perasan air daun siri, orang-orang terdahulu mempercayai bahwa daun sirih akan mengobati tanda lahir pada anak. Semakin cepat tanda lahir itu diberikan daun sirih, maka semakin lama pula proses pelebarannya. Bahkan dapat menghilangkan tanda lahir pada anak yang baru lahir.

3. Mengobati Masalah Pada Mata

Daun sirih bukan hanya sebagai bahan untuk mengobati luka, tetapi daun tersebut juga dipakai sebagai bahan untuk mengobati mata. Daun sirih mengandung sifat antibakteri, dapat memberikan manfaat bagi mata merah dan berbagai penyakit mata lainnya. Cara penggunaannya yakni terlebih dahulu rebuslah 20 lembar daun sirih, kemudian lakukan proses penyaringan, setelah itu cuci mata dengan menggunakan air tersebut selama  < 10 menit.

4. Mengobati dan Menetralisir Pertumbuhan Jerawat

Bagi kalian yang wajahnya selalu ditumbuhi oleh jerawat, kalian bisa menggunakan daun sirih sebagai bahan dalam mencegah sekaligus mengobati jerawat. Daun sirih dapat menghaluskan sekaligus merawat wajah kalian, sehingga tidak perlu membeli obat ataupun salep bagi kulit wajah yang terbilang sensitif. Maka dari itu kalian bisa mencoba daun sirih sebagai pengobatan alami dengan cara menumbuk daun sirih dengan campuran air hangat, lalu celupkan kain atau handuk di air tersebut dan mengusapnya ke wajah. Cara ini bisa digunakan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber Gambar: Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *