Semenjak diberlakukannya New Normal segala bentuk peraturan dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghentikan penyebaran covid-19. Namun, hal menarik yang membuat jiwa tecengang ialah jemaah haji tahun ini. Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan pedoman terbaru untuk jemaah haji tahun 2020, aturan tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi yang menekankan bahwa adanya pelarangan menyentuh ka’bah.

Selain itu, pihak kesehatan yang bersangkutan juga akan membangun beberapa posko kesehatan bagi para jemaah haji yang akan tiba dan dilakukan pemeriksaan disetiap pintu masuk pada saat melaksanakan ibadah di Arab Saudi, dilansir dari Insertlive pada Rabu 08/07/2020.

Bukan hanya penggunakan masker saja yang diwajibkan, namun yang membuat jemaah haji merasa terkejut dan kecewa ialah karena adanya peraturan bahwa kali ini tidak adanya perizinan untuk menyentuh ka’bah bagi jemaah haji.

Jemaah haji diperbolehkan melaksanakan ibadah haji, ketika mereka telah mempunyai keterangan berbadan sehat ataupun surat keterangan bebas covid dari tenaga medis. Selain itu, jumlah jemaah haji yang melaksanakan ibadah haji dibatasi, kurang lebih sekiar 10 ribu orang.

Hal ini menjadi berita menohok bagi masyarakat sebab baru kali ini jemaah haji begitu dibatasi dalam melaksanakan ibadah. Berdasarkan kurva haji untuk jemaah haji tahun lalu, terdapat 2,4 juta orang jemaah haji yang melaksanakan ibadah. Namun, untuk tahun ini jemaah haji mengalami penurunan yang sangat luar biasa yang harus dipatuhi sebagai antisipasi sekaligus untuk menghadapi Era New Normal.

Sumber Gambar: Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *