Dokumentasi Kegiatan

Makassar,karebaindonesia.id- Lembaga Kajian Politik Serum institue Menggelar dialog publik dengan tema “Mendorong Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Papua dan Papua Barat oleh Serum Institute, Pada hari Sabtu, 08 /05/ 2021. bertempat di Ruang Tanjung Bira RM. Torani Makassar.

Dalam dialog yang juga dihadiri perwakilan mahasiswa papua dan papua barat mengemuka sejumlah permasalahan yang timbul terkait dengan kondisi pasca otsus di papua.

Andi Ali Armunanto yangbjuga Akademisi Fisip Unhas/ Pendiri Serum Institute) Mengatakam bahwa Kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat papua dalam otsus pemerintah dapat dirasakan betul oleh rakyat papua di era jokowi, Masyarakat sebagaian sudah merasakan dampak positifnya , hanya saja masih ada pejabat di papua yang cenderung mau menikmati sendiri, ini pekerjaan besar pemerintah agar ada transparansi dalam pengelolaan otsus.

Pengamat politik Unibos makssar Dr. Arif Wicaksono mengatakan bahwa pentingnya Membangun kesadaran politik dan Nasionalisme masyarakat Papua demi terwujudnya kesejahteraan di tanah Papua, Banyaknya pelanggaran HAM yang menjadikan rakyat Papua sebagai korban, Tingginya angka kemiskinan di wilayah Papua dan Penyelewengan dana otsus dan maraknya kasus korupsi oleh pejabat di papua.

Pandangan berbeda dari Arqam Azikin, M. Si (Pengamat Pertahanan) , membahas trkait Perlunya sinergitas antara warga Papua dan pemerintah.

Beberapa waktu lalu ada insiden pengibaran bendera bintang Kejora di kedubes RI di Melbourne yang notabene dikibarkan bukan orang Papua asli, diindikasikan “pesanan/titipan” Oleh kepentingan luar negeri.

Hal ini tidak lepas dari sumber kekayaan alam Papua, Secara strategi perang, untuk mencaplok suatu negara, maka kuncinya kuasai wilayah strategis salah satunya adalah Papua. Perlu diketahui, banyaknya aksi kejahatan sekarang dilakukan tanpa pandang bulu. Malah yang menjadi obyek sasaran termasuk orang asli Papua.

Lanjut dalam pembahasan Dari sudut pandang pertahanan Negara, besarnya dana otsus dinilai tidak tepat sasara, Menurut hasil pengamatan saya, masyarakat Papua yang cinta NKRI masih banyak. Semoga kedepan, situasi kamtibmas dapat terjaga.

By Abd Jafar

Reporter Kareba Indonesia

2 thoughts on “Diskusi Serum Institute, Pejabat Di Papua Diminta Transaparan Dalam Pengelolaan Dana Otsus.”
  1. 205368 401586There some fascinating points more than time here but I dont know if I see them all center to heart. There exists some validity but Let me take hold opinion until I look into it further. Extremely good post , thanks and now we want much more! Included with FeedBurner at the same time 296201

  2. 851009 392229I recognize there is a superb deal of spam on this site. Do you need aid cleaning them up? I could aid in between courses! 424378

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi