Syaharuddin Alrif membantu Pak Samidin memakai batik NasDem.

Makassar, karebaindonesia.id – Dengan ditemani sejumlah pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Buton (KKIB) Sulselbar, Laode Mursidin alias Samidin mendatangi gedung DPRD Sulsel Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Kamis (8/7/2021) pagi. Ia pagi tadi diundang langsung Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif.

Saat bertemu Samidin di ruang kerjanya, Syaruddin mengaku salut dengan perjuangan Samidin yang hendak pulang kampung dari Kabupaten Pinrang, Sulsel menuju Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah Sultra.

“Ini kan viral di media sosial. Ada orang yang pulang kampung naik perahu dengan mendayung dari Pinrang ke Buton. Saya berusaha cari tahu dan ingin ketemu. Dan alhamdulillah melalui teman-teman di komunitas “Ayo Berbagi Makassar”, saya bisa dihubungkan dengan teman-teman di KKIB,” ujar Syahar.

Syahar sempat melemparkan beberapa pertanyaan ke Samidin. Terutama kisah Samidin selama dalam perjalanan dari Pinrang hingga akhirnya terdampar di Pulau Bakki, Kabupaten Barru.

Mendengar cerita Samidin, Syahar geleng-geleng kepala. Apalagi saat mengetahui jika Samidin kelaparan ia berlabuh di sekitar permukiman warga. Samidin ternyata tidak meminta-minta. Ia menawarkan bekerja kepada penduduk dan diupah untuk membeli makan dan minum.

Sebagai rasa empati atas perjuangan Samidin, Syahar menawarkan Samidin untuk dipulangkan ke Buton menggunakan pesawat. Bahkan, Syahar langsung menelepon orang dekat Gubernur Sultra Ali Mazi untuk menjemput Samidin di Kendari.

Sekretaris Partai Nasdem Sulsel ini juga menghubungi anggota DPRD Sultra dari Nasdem, Syahrul Said. “Kaka Arul, ini ada wargata yang luar biasa mau pulang ke Buton naik perahu dengan mendayung. Tolong dibantu kalau sudah sampai di Buton,” pinta Syahar ke Arul (Syahrul Said).

“Saya tidak punya hubungan apapun, tapi atas nama kemanusiaan, Nasdem sangat empati dengan Pak Samidin. Jadi ini ikhlas dari kami atas nama kemanusiaan,” kata Syahar.

Sayangnya, Samidin enggan naik pesawat. Ia mengaku takut naik pesawat. Ia rencana akan pulang naik kapal laut dibantu oleh KKIB Sulselbar. Padahal, Syahar berusaha merayu Samidin agar pulang naik pesawat.

“Saya takut naik pesawat. Biarkanmi saya naik kapal laut saja,” kata Samidin pelan.

Sebelum meninggalkan gedung DPRD Sulsel, Syahar menyerahkan bantuan untuk Samidin dari Partai Nasdem Sulsel. “Ini bantuan dari Ketua Nasdem Pak RMS (Rusdi Masse, red). Gunakan untuk keperluan selama dalam perjalanan pulang,” kata Syahar.

Bukan itu saja. Syahar juga memberikan dua baju batik milik pribadi Syahar. “Ini baju bisa digunakan untuk salat Idul Adha di kampung dan salat di masjid,” kata Syahar.

Kepada Samidin, Syahar berpesan agar tidak lupa melaksanakan salat lima waktu. Dalam kondisi apapun, kata Syahar, salat harus tetap dilaksanakan. Sementara itu, KKIB Sulselbar yang diwakili Ki Yani Mahdi dan Yamid Moersidi mengucapkan terima kasih atas respons dari Wakil Ketua DPRD Sulsel dan Partai Nasdem Sulsel.

“Kami mewakili KKIB Sulselbar salut dan berterima kasih kepada Pak Syahar. Semoga pertemuan ini serta bantuan ini bisa memberikan berkah untuk kita semua,” kata Ki Yani yang juga sesepuh masyarakat Buton di Sulselbar.

Usai bertemu Syaharuddin Alrif, Samidin bersama tim KKIB berangkat menuju Kabupaten Bulukumba. Dari Bulukumba, Samidin bersama satu orang pengantar Samidin menggunakan kapal laut menuju Buton Tengah sore nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *