Ketua Departemen Senin Rupa Dewan Kesenian Makassar, Anggraeni Herman.

Makassar, Karebaindonesia.id — Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni dan seniman.

Berbagai aktifitas dilakukan demi menjaga agar semangat berkarya tetap membara. Salah satunya adalah dukungan program yang memungkinkan seniman tetap berkarya dan mendapatkan penghargaan atas karya tersebut.

Latar belakang ini pula yang membuat Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Makassar (DKM) dengan dukungan penuh dari Ibu Gubernur Sulawesi Selatan untuk menggelar program Pameran KARYA SEMANGAT 2020.

Dengan berangkat dari falsafah Sumange’ yang bisa berarti daya hidup, daya juang dan daya tahan pameran ini menawarkan peluang untuk berbagi dan bersilaturahim melalui karya lukis.

Pameran ini memilih sejumlah karya untuk dipamerkan secara daring di laman www.dewankesenianmakassar.com dan berbagai media sosial lainnya selama satu bulan.

Melihat gagasan “semangat” yang ditawarkan pameran ini, adalah upaya menghadirkan “semangat” dalam konsep lokal/global dan mengaitkannya dalam konteks kekinian dengan tidak membatasi usia dan genre dari karya.

Ika W. Burhan yang menjadi kurator pameran ini mengatakan bahwa salah satu kebanggaan seorang seniman dalam berproses dan berkarya adalah pameran.

Penyelenggaraan pameran bisa dianggap sebagal pencapaian akhir setelah berproses. Tidak masalah dalam skala kecil, besar, nasional maupun Internasional.

Kendati demikian, Ketua Departemen Senin Rupa Dewan Kesenian Makassar, Anggraeni Herman mengatakan bahwa kegiatan ini telah dikuti sebanyak 83 peserta seniman dengan total karya 185 buah.

Sementara itu, yang telah lolos seleksi kurasi dari dewan kurator sebanyak 54 peserta seniman dengan total 57 karya.

“Nantinya kami akan pajang 57 Karya dari 54 peserta yang terdiri dari 32 peserta open call dan peserta undangan berjumlah 22 orang,” ujarnya kepada Karebaindonesia.id, Jum’at (18/09/2020).

“Jadi ini adalah proyek penyemangat kepada teman-teman untuk tetap eksis dalam berkarya di tengah pandemi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *