karebaindonesia.id,- Memilih untuk liburan ke Sumbawa adalah pilihan yang takkan membuat anda menyesal. Anda pasti belum tahu bahwa kota yang sedang proses pengajuan menjadi kota otonom baru di Indonesia ini ternyata memiliki panorama alam yang memukau. Hal yang paling memukau dari Sumbawa ini adalah pantai-pantainya yang indah, pulau-pulau yang eksotis serta situs bersejarah yang menyimpan banyak misteri dan cerita.

Kalau ingin menjelajahi Sumbawa Besar, anda diperkenangkan untuk menggunakan jalur udara yakni menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Karahuddin. Namun jika anda lebih senang dengan jalur laut, anda bisa menyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok ke Pelabuhan Poto Tano. Akan tetapi, apapun jalur yang ingin dilalui, anda wajib mengunjungi beberapa destinasi wisata Sumbawa Besar yang ada di bawah ini :

  1. Pantai Maluk
Jpeg

Bagi anda yang hobi berselancar, Pantai Maluk adalah arena yang akan menguji kemampuan berselancar anda. Pantai Maluk memiliki ombak yang besar dan tinggi, bahkan saking tingginya, ombak ini dijuluki sebagai ‘Super Suck’ karena mencapai ketinggian 2 meter. Hal yang menyebabkan ombak di pantai ini tinggi karena diapit oleh dua bukit tinggi. Di sekitaran pantai ini terdapat beberapa gazebo yang nyaman, sehingga ketika anda lelah habis berselancar atau berenang, anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas penat dan menikmati udara sepoi-sepoi dari pantai.

  • Taman Wisata Liang Bukal

Jika anda pernah mengunjungi Taman Wisata Purbakala Leang-Leang yang berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Nah, di Sumbawa Besar ini juga memiliki pesona alam Liang Bukal yang bisa menyaingi Leang-Leang. Di taman ini, anda bisa bermandi-mandi air yang segar serta menikmati tebing-tebing yang asli hasil cetakan alam. Saat anda memasuki Liang Bukal, anda harus melewati gua sepanjang 200 meter. Di gua itu juga anda akan dibuat terpukau oleh ratusan kelelawar yang menghiasi dinding-dinding gua. Ketika anda melewati gua, barulah bisa merasakan kesegaran air sungai yang mengalir di antara tebing. Untuk memasuki wisata ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 15.000 rupiah.

  • Gili Bola atau Pulai Bedil

Untuk menjelajahi pulau ini, anda harus menyeberang dari Labuan Pade atau Labuan Bajo. Uniknya, di sekitaran pulau terdapat beranekaragam pulau kecil seperti Gili Panjang, Gili Keramat dan Gili Temudong. Akan tetapi, Gili Bola lebih familiar bagi masyarakat sekitar. Biasanya, wisatawan lokal ketika ingin liburan di pulau ini, mereka membawa alat masak sendiri, serta alat pancing. Tentu hal yang menyenangkan untuk memancing sambil menikmati keindahan Pulau Bedil.

  • Istana Dalam Loka

Bagi yang gemar mendalami sejarah, Wisata Sumbawa Besar yang satu ini memiliki banyak filosofi yang mendalam untuk anda renungi. Salah satu yang bisa kita renungkan adalah istana yang merupakan kediaman bagi raja ini menghadap ke arah selatan. Yang berarti menatap masa lalu. Masyarakat dulu percaya, bahwa pemimpin yang bijaksana terlahir dari seberapa jauh ia belajar dari masa lalu, sehingga untuk mengambil keputusan di masa kini tidak salah dan bisa diterima oleh banyak orang. Istana Dalam Loka memiliki luas 1.251 meter persegi, sehingga memang layak jika dijuluki sebagai rumah panggung terbesar di dunia. Istana ini berjarak 3 kilometer dari bandara yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Sumbawa. Arsitekturnya juga sangat kokoh dan kuat karena rumah panggung ini dibuat menggunakan kayu jati terbaik pada masanya. Uniknya, bangunan ini tidak memakai paku besi melainkan pasak kayu. Olehnya itu, rumah ini bisa bertahan hingga ratusan tahun serta mampu bertahan jika terjadi gempa.

  • Pulau Kenawa

Jika anda menyukai kegiatan berkemah. Pulau kenawa ini memiliki area yang sangat strategis untuk mendirikan tenda perkemahan sekaligus menikmati udara yang menyejukkan. Pulau seluas 15 hektar yang tidak berpenghuni ini, mempunyai rerumputan hijau yang menjulang indah. Anda juga bisa merencanakan tempat ini sebagai tempat untuk foto prawedding bersama calon pasangan hidup. Untuk mengunjungi Pulau Kenawa, anda harus menyeberan dari Pulau Tano menggunakan perahu kayu yang dimiliki warga setempat. Setelah anda lelah berkemah, anda bisa memanjakan diri dengan menyeburkan tubuh di air pantai. Air di pulau ini sangatlah bersih dan bening. Sehingga ketika menyelam, anda bisa melihat langsung beranekaragam ikan menari di dalam laut.

  • Bukit Mantar

Anda pernah mendengar ‘negeri di atas awan’? Yah, mengunjungi Bukit Mantar akan membawamu seperti berada di negeri di atas awan yang begitu menakjubkan pandangan. Bukit yang terletak di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano ini memiliki ketinggian 600 Mdpl. Keutamaan Bukit Mantar ini adalah menyajikan keindahan matahari terbit yang dapat membuat perasaanmu bergetar dan tak ingin cepat-cepat pulang.

Itulah beberapa wisata di Sumbawa Besar yang wajib kamu kunjungi. Namun, jangan lupa ketika datang, bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen yang menurutmu indah. Untuk menuju ke sana, biaya masuknya pun belum mahal. Jadi, kamu bisa mengunjungi banyak lokasi di Sumbawa Besar tanpa mengeluarkan banyak uang.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *