Sumber gambar: WhatsApp

Makassar, karebaindonesia.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar periode 2020-2021 menggelar Peradilan Semu di Mini hall lt. 2 Unismuh Makassar, pada Sabtu-ahad, (20-21/2021).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Ayahanda Dr. H. Muchlis Mappangaja MP. Dia berharap, semoga mahasiswa HES tetap kreatif melaksanakan agenda-agenda seperti ini.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Rizal Bapa Talaleng pada sambutannya, dia menjelaskan tentang alasan atau output yang dicita-citakan terhadap tema yang diangkat.

“Berangkat dari tema yang di canangkan aktualisasi praktik-praktik peradilan demi terciptanya mahasiswa hukum ekonomi syariah yang berkompeten, bahwasannya tidak ada lagi nilai teoritis yang harus dipelajari tapi melainkan nilai praktis yang harus diaktualkan demi kesadaran kita sebagai mahasiswa yang berlabelkan SH serta harapan setelah dari kegiatan ini semoga kita semua dapat mengaktualkan potensi yang didapatkan dari apa yang disampaikan Pembicara tersebut,” ujar Ketua Panitia Rizal Bapa Talaleng.

Sumber gambar: WhatsApp

Sementara itu, Marlina selaku Sekretaris Bidang (Sekbid) Advokasi HMJ HES menuturkan bahwa peradilan semu ini merupakan aksi nyata yang bidang advokasi adakan demi terwujudnya mahasiswa hukum ekonomi syariah yang berkompeten.

“Diperadilan semu ini para peserta serta pengurus HMJ Diberikan teori-teori tentang peradilan dan kemudian teori tersebut dipraktekan langsung, harapan saya para calon alumni peradilan semu akan menjadi kader yang berkualiatas, yang dimana mereka paham bagaimana caranya berperkara, dan juga menyelesaikan perkara,” jelas Marlina Selaku Penanggung Jawab kegiatan.

Hal senada diharapkan oleh ketua Umum HMJ HES, Riswandi Aspi. Kata dia, dengan terlaksananya Peradilan Semu diharapkan menjadi sarana positif dan Konstruktif untuk membangun dan memahamkan persoalan Hukum dan peradilan terhadap mahasiswa.

“Malalui peradilan semu ini, mahasiswa hukum ekonomi syariah FAI Unismuh Makassar diharapkan lebih Kompoten dan Profesional di bidang hukum dan peradilan sehingga mampu berkompotitif, kemudian menjadi advokat yang paham persoalan syariah,” jelas Riswan.

Sementaea itu, Dr. H. Imran salah satu pemateri Peradilan Semu sangat Mengapresiasi kegiatan yang di buat HMJ HES.

“Ilmu seperti ini tidak didapatkan di bangku perkuliahan, semoga ini bisa dimaksimalkan para peserta untuk media pembelajaran awalnya dan tetap menjadi ilmu lanjutan pasca Peradilan Semu ini,” ujar Dr. H. Imran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *