karebaindonesia.id

Makassar, karebaindonesia.id – Gerakan mahasiswa dan pelajar untuk kesetaraan (GEMPARKAN) bekerjasama dengan Garuda nusantara (GANTARA) mengadakan webinar kemahasiswaan pada Jumat 13 Agustus 2021 secara virtual.

Webinar tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan pelajar dari berbagai provensi di Indonesia terkhusus Sulawesi selatan dan Jawa barat.
Adapun susunan kegiatan sebagai berikut: pembukaan, pembacaan ayat suci alquran, sambutan-sambutan dan pemaparan materi.

Pada webinar kali ini ada yang spesial pasalnya yang terlibat aktif dalam kegiatan ini seperti MC, pembacaan ayat suci alquran hingga pematerinya semua disabilitas dari berbagai ragam.
Ada disabilitas netra, disabilitas Tuli, disabilitas mental hingga disabilitas fisik.

Mereka ini mahasiswa-mahasiswa aktifis di kampus yang memperjuangkan hak-hak kesetaraan bagi disabilitas yang ada di kampus maupun yang ada di masyarakat luas. Di dalam proses webinar tersebut panitia pelaksana menghadirkan juru bahasa isyarat bagi disabilitas Tuli.

Sementara itu,ketua gantara kurnia putri
Mengungkapkan rasa terimakasih banyak atas terselenggaranya wabiner ini bekerja sama dengan gemparkan.

“Saya berterimakasih atas terlaksananya kegiatan ini sebagai wadah untuk mahasiswa baru mengenal dunia kampus,” Tutur kurnia putri.

Hal senada yang di ungkapkan oleh Nabila Maiswita atau yg biasa disapa Lala mengungkapkan gemparkan terbentuk pada tahun 2019 untuk menjadi wadah orang orang mudah untuk lebih kreativ dalam melakukan inovatif terutama di dunia kampus dan organisasi.

Sementara itu , Davi selaku pemateri menegaskan dalam materinya bahwa kita sebagai disabilitas harus percaya diri dan terbuka kepada masyarakat luas agar kita bisa di terima di lingkungan mereka.

Pemateri kedua Alifa Aulia mengungkapkan, sebagai mahasiswa disabilitas harus memperbanyak relasi dan tidak boleh memilih milih teman,agar teman teman non disabilitas bisa memahami apa kebutuhan kita selaku mahasiswa disabilitas.

Lebih lanjut ia mengungkapkan kita sebagai mahasiswa harus kreativ dan kesulitan itu adalah suatu tantangan untuk menghadapi dunia kampus dengan ke kreativitas kita masyarakat luas bisa menilai bahwa disabilitas juga bisa setara dengan masyarakat pada umumnya.
Di penghujung kegiatan para peserta melakukan sesi tanyak jawab ,dirangkaikan dengan kegiatan photo bersama.

8 thoughts on “Gelar Webinar Kemahasiswaan, Begini Harapan Aktivis Disabilitas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi