Foto : Gunung Semeru meletus pada Selasa (01/12/2020) sekitar pukul 03.10 Waktu Indonesia Barat.

Lumajang, karebaindonesia.id – Gunung Semeru meletus pada Selasa, 1 Desember 2020 dini hari tadi (pukul 03.10 Waktu Indonesia Barat). Melelutsnya gunung tersebut menyebakan hujan debu vulkanik yang mengarah ke pemukiman warga.

Dilansir dari detik.com, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa saat ini debu vulkanik mengarah ke arah timur tenggara menuju ke daerah Candi Puro, Lumajang, Jawa Timur.

“Terdampak angin yang mengarah ke masyarakat terkait dengan abu vulkaniknya. Angin mengarah ke timur tenggara daerah Candi Puro,” katanya saat dihubungi wartawan pada Selasa, 1 Desember 2020 siang tadi.

Tambahnya, dia mengatakan bahwa hujan debu vulkanik menutupi atap warga hingga ketebalannya mencapai 3 cm. Dia meminta warga memilih untuk mengungsi segera.

“Bahkan tadi disampaikan warga sampai 3 cm rumahnya ketebalan debu vulkaniknya,” imbuhnya.

Lanjutnya, warga yang mengungsi ini berasal dari empat desa di dua kecamatan yakni Desa Supiturang, Desa Oro-oro Ombo dan Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipurodari.

“Jam 3 pagi sudah ada di pos pantau dan beberapa tempat yang hari ini kita dirikan di lapangan sekaligus peralatan lengkapnya termasuk kondisi persiapan makanan,” pungkasnya.

Diketahui, gunung berapi aktif dengan ketinggian 3676 mdpl menyemburkan awan panas pada Minggu, 30 November 2020. Semburan awan panas tersebut meluncur hingga 1 kilometer dari puncak.

Berdasarkan informasi, luncuran awan panas tersebut masih jauh dari permukiman warga. Meski demikian, jalur pendakian saat ini ditutup untuk wisatawan dan pendaki.[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

2 thoughts on “Gunung Semeru Meletus, Bupati Lumajang Minta Warganya Mengungsi”
  1. 56554 113525This Los angeles Weight Loss diet happens to be an low and flexible going on a diet application meant for usually trying to drop the weight as properly within the have a considerably healthier lifetime. shed weight 897130

  2. 665242 524840I dont normally check out these kinds of web sites (Im a pretty shy person) – but even though I was a bit shocked as I was reading, I was definitely a bit excited as nicely. Thanks for giving me a big smile for the day 759879

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *