Barru, karebaindonesia.id – Mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan XXI yang berlokasi di Kabupaten Barru Kecamatan Mallusetasi melaksanakan program kerja hidroponik. Berlokasi di SMAN 4 Barru program kerja ini didukung langsung oleh Rosman, S.Pd., M.M selaku Kepala Sekolah.

“Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM karena telah mengikutsertakan siswa dalam berhidroponik,” tutur Kepala sekolah saat seminar program kerja.

Menurut kepala Sekolah, program ini juga sangat mendukung beberapa pengembangan pada mata pelajaran yang berkaitan dengan kewirausahaan. Karena, program hidroponik ini dapat menghasilkan produk yang dapat di jual. Bapak Ilham S.Pd., M.Pd juga selaku penanggung jawab dalam mengawasi serta membimbing mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM di SMAN 4 Barru turut mengapresiasi.

“Saya harap melalui program kerja ini, para mahasiswa memberikan ilmu kepada siswa dalam berhidroponik secara lebih terperinci,” tambahnya

Para guru juga antusias dan memberikan dukungan kepada mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM angkatan XXI atas salah satu program kerja yang dilakukan dengan tujuan untuk mengedukasi peserta didik mengenai hidroponik.

Program kerja ini dirancang karena kesadaran Mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM bahwa siswa masih kurang dalam hal mempelajari hidroponik. Selain itu, siswa belum mengetahui bagaimana caranya menanam hidroponik dengan baik dan benar.

Mahasiswa ingin mengenalkan kepada siswa lebih terperinci mengenai hidroponik. Hal ini tentu membawa dampak baik karena keterampilan siswa akan pengetahuan alam yang berada di lingkungan mereka menjadi lebih bertambah. Mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM Domisili juga telah menyebutkan bahwa program mereka bisa disebut dengan Program Sekolah Berkebun, Pelatihan dan Pendampingan Hidroponik untuk Pelajar.

“Program sekolah berkebun ini diadakan sejak 29 Oktober 2020, setelah itu mahasiswa mendampingi siswa untuk mempraktikkan ilmu yang telah mereka peroleh selama mengikuti Sekolah Berkebun,” Ujar Rahmania selaku mahasiswa yang memaparkan program.

Melalui program hidroponik yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM ini terdapat kebermanfaatan yang berkepanjangan karena menghasilkan tumbuhan Selada yang tentu dapat dikomersialkan atau bahkan menjadi komsumsi pribadi. Tepat pada hari Jum’at 4 Desember 2020 bersama guru-guru dan siswa melakukan panen.

Selanjutnya, mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM berinisiatif untuk mengelola selada menjadi produk makanan cepat saji seperti membuat burger. Pemasaran selada dan makanan cepat saji, juga akan melibatkan siswa dalam mempromosikannya kepada masyarakat. Pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial atau menghubungi langsung konsumen yang berada di pasar atau yang memiliki toko makanan.

21 thoughts on “Hasil Hidroponik, KKN-PPL Terpadu UNM Ajak Guru dan Siswa SMAN 4 Barru Panen”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *