Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Armin NH (IMUN) pasca pengembalian nomor urut di Hotel Harper Perintis Makassar.

Makassar, Karebaindonesia.id — Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Armin NH (IMUN) mendapatkan nomor urut empat di Pilwali Makassar.

Meski semua nomor di mata pasangan “IMUN” ini baik, tapi angka empat punya banyak makna untuk Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar.

Apa makna angka empat di mata pasangan ini? Berikut uraian singkat Irman-Zunnun usai mengikuti pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Pertama appakabaji, memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian.

Irman mengaku, sejak awal dirinya mengharapkan nomor urut empat. Ia mengaku ingin meneruskan perjuangan Ichsan YL yang belum tercapai pada Pilkada 2018 lalu.

“Nomor urut 4 ini sama dengan nomor urut kakak saya dulu. Dan tentu ini menjadi semangat tersendiri buat saya,” ujar Irman Yasin Limpo.

Makna kedua yang di tuturkan oleh Zunnun adalah Akkalebbi atau mappakalebbi merupakan bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati.

Istilah ini juga melekat ke IMUN yang dikenal pasangan kolaborasi Bugis Makassar.

Selanjutnya, Eppa Sulapa’ memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Sulsel. Mengingat, Eppa Sulapa’ ini memayungi etnis di Sulsel. Bugis, Makassar, Mandar, Luwu/Toraja.

Dan terkahir angka keberuntungan. Meski Irman-Zunnun memaknai semua nomor baik, tapi bagi sebagian orang, angka empat juga sering dimaknai angka keberuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *