karebaindonesia.id,- Menjelang Pilkada 2020 banyak hal mengawalinya mulai dari penundaan karena wabah Covid-19 dan juga ditambah dengan adanya issu reshuffle pasca pidato presiden Joko Widodo di depan para menteri saat Sidang kabinet  paripurna, 18 Juni 2020.

Video yang di unggah pada tanggal 28 Juni 2020 pada situs Youtube resmi Sekretariat Presiden beredar, sejumlah kalangan menilai pidato tersebut merupakan bentuk kemarahan Presiden terhadap jajaran menterinya. Presiden berulang-ulang menyebutkan adanya sejumlah menteri yang belum satu jiwa dan perasaan dalam melihat situasi bangsa ditengah menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Selang beberapa waktu setelah video tersebut beredar sejumlah issu yang beredar “bocoran” susunan kabinet yang direshuffle, dari sejumlah nama menteri yang diganti dan sejumlah nama baru yang masuk dinilai dapat mempengarahui konstalasi kekuatan calon yang akan bertarung dalam pilkada yang akan datang.

Dikutip dari tribunnews.com Adi Prayitno selaku analis politik UIN Syarif Hidayatullah telah memprediksi kondisi tersebut bahwa menjelang Pilkada 2020 akan muncul beberapa isu mulai dari dinasti politik hingga reshuffle kabinet. Hal ini ditandai majunya dalam bursa calon beberapa nama yang memiliki hubungan kekerabatan langsung dengan pejabat Negara diantaranya anak kandung Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka yang akan maju di pemilihan wali kota Solo, (24/12/2020).

Nama-nama yang akan maju dalam Pilkada serentak 2020 menunggu tindak lanjut dari pidato Presiden tersebut, apakah akan terjadi reshuffle kabinet atau tidak.

1 thought on “Issu Reshuffle Kabinet Hingga Pilkada 2020”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi