Balai Pustaka melucurkan aplikasi media sosial gratis bernama Barugasikola yang digelar di Hotel Claro, Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Jumat (25/09/2020).

Makassar, Karebaindonesia.id — Balai Pustaka melucurkan aplikasi media sosial gratis bernama Barugasikola. Media sosial ini dapat diakses melalui website www.barugasikola.com, atau diunduh melalui smartpohe Android dan segera dalam versi Apple IOS.

Peluruncuran ini digelar Hotel Claro, Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Jumat (25/09/2020).

Direktur Utama PT Bali Pustsaka, Acham Fachrodji mengatakan, Aplikasi Barugasikola menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Oleh karena itu, selain bisa bermedia sosial, aplikasi ini memungkinkan proses belajar mengajar antar guru dan siswa berlangsung dimana saja melaui media daring.

“Barugasikola berasal dari bahasa Bugis-Makassar yang berarti Gerbang Pendidikan. Sesuai namanya, Barugasikola adalah sarana yang bisa menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi,” kata Acham Fachrodji.

Ia menambahkan, di tengah pendemi Covid-19, apilkasi ini berperan penting dalam memutus rantai virus Covid-19 karena tidak ada interaksi langsung antara siswa dan guru, serta menghindari kerumunan orang dalam jumlah besar seperti saat bersekolah dengan sistem tatap muka.

“Khusus orang tua, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi. Barugasikola pastikan aplikasi ini bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setia saat,” jelasnya.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengapresiasi inisiasi Balai Pustaka bersama Pemprov Sulsel menghadirkan Aplikasi Barugasikola.

“Kalau kita lihat fitur-fitur Barugasikola sudah sangat lengkap dang sangat kreatif yang bisa membangkitkan semangat anak-anak kita walaupun di kondisi jarak jauh seperti ini,” ujar Rudy Djamaluddin.

Rudy mengaku, di tengah pendemi Covid-19 yang belum diketahui masa berakhirnya, Barugasikola menjadi solusi untuk tetap menjaga kualitas pendidikan Indonesia.

“Dan satu yang kita banggakan Barugasikola ini pertama kali diluncurkan di Kota Makassar untuk seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *