Ilustrasi jamaah Haji (karebaindonesia.id)

Jakarta, karebaindonesia.id – Pemerintah Arab Saudi akan kembali membuka Ibadah Haji meski pandemi virus corona belum usai. Hal itu disampaikan langsung lewat tv pemerintah Arab Saudi. Akan tetapi, skema Ibadah Haji kali ini belum dijelaskan secara rinci.

Mengetahui hal tersebut, Kementerian Agama mulai melakukan sejumlah persiapan usai Arab Saudi yang memutuskan menggelar ibadah Haji tahun 1442H/2021 ini. Terutama mengenai skema pemberangkatan jemaah haji di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Komisi VIII DPR.

“Tim Manajemen Krisis Penyelenggaraan Ibadah Haji yang dibentuk oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada akhir Desember 2020, sudah menyiapkan skema jika ada pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia,” kata Khorizi dalam keterangan resminya, Senin (10/5).

Khoirizi menyatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario pemberangkatan bagi calon jemaah haji Indonesia bila diizinkan oleh Saudi. Skenario itu di antaranya mulai dari pembatasan kuota 50 persen, 30 persen, 25 persen bahkan hingga 5 persen.

Kemenag juga masih terus mengikuti perkembangan informasi dari Pemerintah Arab Saudi. Ia pun mengaku akan terus berkoordinasi dengan Dubes Arab Saudi dan Konjen RI di Jeddah terkait tindak lanjut ihwal ibadah haji.

“Kami juga sudah melakukan serangkaian pembahasan dengan Komisi VIII DPR terkait Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Pembahasan sudah mendekati hasil akhir untuk mencapai kesepakatan bersama antara Kemenag dan DPR,” kata dia.

3 thoughts on “Kabar Baik, Arab Saudi Kembali Buka Ibadah Haji, Simak Respon Kemenag”
  1. 323056 493422Hi this really is somewhat of off subject but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or in the event you need to manually code with HTML. Im starting a weblog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any support would be greatly appreciated! 410537

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *