SIDRAP, Karebaindonesia.id, – Aksi blusukan Kapolres Sidrap AKBP Leonardo Panji Wahyudi, SIK bersama Istri Chicha Leo di lokasi budidaya tanaman porang di Bendoro, Kamis pagi (09/07/2020).

Terlihat pula, Kadis Pertanian Sidrap bersama jajarannya ikut serta mengunjungi lokasi Budidaya Tanaman Porang Kelompok Tani Millenia Di Bendoro Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap.

Kunjungan Kapolres bersama istrinya untuk melihat secara langsung lahan budidaya tanaman porang atau umbi emas ini dan proses penanaman, pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman porang yang diinisiasi Wakil Ketua DPRD Sulsel, H Syaharuddin Alrif bersama kelompok tani semangat milenial.

Di lokasi, keduanya tampak serius membahas tanaman umbi-umbian tersebut. Sekadar diketahui, tanaman porang adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh di hutan dan masih belum banyak dikenal masyarakat.

Menurut Syaharuddin, tanaman tersebut memiliki manfaat yang cukup besar. Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik hingga penjernih air.

Sementara Kapolres Sidrap AKBP Leonardo Panji Wahyudi didampingi jajaran pejabat Polres Sidrap sangat mengapresiasi upayah kelompok tani millenial itu dalam membudidayakan tanaman porang.

“Ini bisa menjadi tanaman alternatif yang bisa meningkatkan ekonomi rakyat, Kami jajaran Kepolisian Polres Sidrap sangat mendukung ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kapolres Sidrap ini menambahkan budidaya Porang terbilang ekonomis, sebab cara penanamannya mudah dan sangat menguntungkan.

Tanaman Porang merupakan tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

113 thoughts on “Kapolres Sidrap Bersama Istri Blusukan ke Lokasi Budidaya Tanaman Porang Di Bendoro”
  1. 941421 472217I real pleased to uncover this web site on bing, just what I was looking for : D too saved to bookmarks . 731810

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi