Karebaindonesia.id--Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) bersama Yayasan Muslim Asia (AMCF) bergotongroyong membuka donasi untuk disumbangkan kepada penyintas/korban banjir bandang di Masamba, Sulawesi Selatan.

“Inisiatif ini merupakan arahan KAUMY Pusat kepada KAUMY Daerah yang terdekat dari lokasi terdampak bencana. Sehingga, KAUMY Sulsel diminta untuk menggalang donasi dengan melibatkan para alumni UMY di Sulsel, maupun alumni yang tersebar se-Indonesia, hingga ke luar negeri”, hal ini diungkapkan Fakhruddin Mansyur saat dihubungi melalui sambungan telepon, Ahad (19/7/2020).

Proses mengumpulkan donasi ini akan berlangsung hingga 22 Juli dan tim AMCF akan membelanjakan kebutuhan penyintas di Masamba.

“KAUMY dan AMCF berbagi peran dalam mensinergikan jejaring alumni dan kemanusiaan diantara keduanya. Keterlibatan KAUMY dalam penggalangan dana ini merupakan panggilan untuk meringankan beban penyintas yang merupakan saudara-saudara yang sedang tertimpa musibah. Hal ini sejalan dengan motto UMY sebagai kampus Ramah dan Rahmah”, jelas Fakhruddin yang juga Ketua KAUMY Sulsel.

Informasi yang diperoleh KAUMY Sulsel dari lapangan yakni per 18 Juli lalu dari info yang diperoleh dari tim lapangan, banjir menggenangi enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, setelah hujan lebat di wilayah tersebut. Selanjutnya, angka kematian warga sebanyak 36 orang dan 66 orang dinyatakan hilang. Sebanyak 14.483 penyintas di evakuasi pada shelter di Kecamatan Sabbang, Baebunta dan Masamba.

“Melengkapi informasi di atas kebutuhan mendesak bagi penyintas di Masamba diantaranya: perlengkapan bayi, makanan siap saji, obat-obatan, pakaian layak pakai, tikar, selimut, genset, tandon air bersih dan dapur umum”, jelas Fakhruddin yang merupakan Wirausahawan Muda di Makassar.

Gotong royong bersama AMCF telah terjalin dalam bidang pendidikan seperti pendirian Ma’had di perguruan tinggi Muhammadiyah, salah satunya Ma’had Al-Birr yang juga berada dalam naungan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar”, ujar Fakhruddin yang juga dosen FAI Unismuh Makassar.

Menambahkan Fakhruddin, Achmad Zulfikar, Sekretaris KAUMY Sulsel yang akrab disapa Azkar menyambut baik kerjasama dengan kedua belah pihak dan berharap donasi yang terkumpul dapat bermanfaat bagi penyintas bencana di Masamba.

“Semoga kerjasama KAUMY dan AMCF di bidang kemanusiaan ini memberikan manfaat bagi penyintas bencana di Masamba dan menjadi penguat tali silaturahim antar alumni”, tambahnya.

KAUMY Sulsel sebagai jejaring alumni yang diamanahi tugas untuk menghimpun informasi dan data berharap agar penggalangan dana yang saat ini dilakukan dapat semakin masif, serta gerakan berjamaah yang dihasilkan semakin kuat dan berdampak untuk Indonesia berkemajuan.

26 thoughts on “Keluarga Alumni UMY dan AMCF Gotong Royong Buka Donasi Banjir Bandang Masamba”
  1. Alhamdulillah. Semoga saudara2 kita disana segera Pulih dr kondisi bencana..semoga para almarhum korban husnul khaatimah..aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi