Dokumentasi kegiatan.

Jeneponto, karebaindonesia.id – Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat guna menumbuh kembangkan desa yang diwadahi oleh Kemendikbudristek RI.

Pengembangan potensi daerah salah satu poin utama dalam pembangunan daerah. Tepatnya di Desa Borongtala, Kec. Tamalatea, Kab. Jeneponto adalah salah satu daerah yang memiliki potensi yang sangat luar biasa dapat dikelolah dan dikembangkan yakni Pohon Lontara atau sering dikenal dengan Pohon Siwalan. Mulai dari batang, daun, air, hingga buahnya dapat diolah menjadi produk.

Sabtu, 16 Oktober 2021 Tim PHP2D BEM FAI Unismuh Makassar bekerjasama dengan BLK Kab. Jeneponto melaksanakan pelatihan pembuatan Nata De Tala yang bertempat di Aula Kantor Desa Borongtala.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala UPTD dan Instruktur Processing BLK Kab. Jeneponto sebagai pemandu pelatihan pembuatan Nata De Tala. Pada proses pembuatan ini menggunakan bahan utama buah lontara dan sari buah lontara. Tujuan pelatihan ini yakni mewujudkan produk baru dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat di Desa Borongtala.

“Pohon lontara ini sangat luar biasa manfaatnya. Ini jika dikembangkan maka akan menciptakan peluang pasar yang besar sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Jadi, pelatihan ini mari diseriusi dan dimaksimalkan. Kita berharap kegiatan ini dapat menghasilkan produk yang bermanfaat dan mampu dipasarkan” Oleh UPTD BLK Jeneponto Bapak Andi Mubarak.

Sementara Sartika, Ketua Tim PHP2D mengungkapkan bahwa, Perlu kita ketahui dan syukuri, terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas atas support dari seluruh stakeholder baik dari Kemendikbudristek RI, Universitas, BEM FAI, Pemerintah Desa Borongtala dan Kesediaan pemateri kita dari BLK Jeneponto yang selalu memberikan kontribusi dalam pemberdayaan masyaarakat.

“Kami dari Tim berharap kegiatan ini akan terus berjalan dengan baik dan lancar. Karena kegiatan ini akan dilaksanakan hingga Desember mendatang. Kegiatan ini akan kita maksimalkan dalam 3 titik fokus yaitu pemasaran dan pengemasan gula merah, Nata De Tala, dan kerajinan tangan,” lanjut Sartika, Ketua Tim PHP2D BEM FAI.

2 thoughts on “Kerja Sama dengan BLK, Tim PHP2D BEM FAI Unismuh Ciptakan Nata De Tala di Borongtala”
  1. I got what you mean , thankyou for putting up.Woh I am delighted to find this website through google. “Since the Exodus, freedom has always spoken with a Hebrew accent.” by Heinrich Heine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi