karebaindonesia.id,- Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan, rempah-rempah, sayuran, dan buah-buahan yang mengandung banyak manfaat. Buah zaitun salah satunya merupakan pohon kecil tahunan dan hijau abadi yang buah mudanya dapat dijadikan sebagai makanan mentah atau dapat  juga  diawetkan sebagai penyegar. Selain itu, jika buah zaitun tersebut sudah tua, maka akan diolah menjadi minyak yang mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan manusia. Selain buahnya enak dan dapat dimakan dapat juga digunakan sebagai penyedap makanan.  Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

1.Menghentikan Nyeri
Kandungan oleokental dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, gangguan yang beresiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan suatu penyakit berbahaya bagi penderitanya. Salah satu obat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung ialah dengan mengomsumsi minyak zaitun. Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi, sehingga akan menurunkan resiko penyakit jantung. Cukup dengan minum 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Menghentikan Penyebaran Tanda Lahir
Tanda lahir dikatakan orang-orang merupakan tanda yang sulit untuk dihilangkan kecuali dengan jalan operasi. Tetapi dengan menggunakan minyak zaitun, maka tanda lahir akan menolak penyebarannya di sekitar kulit anda. Selain itu, juga dapat melembabkan kulit.

4. Mencegah Kepikunan
Minyak zaitun juga ternyata memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam yang berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya kepikunan.

5. Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yaang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga digunakan untuk perawatan kecantikan.

a. Sebagai Perawatan Kaki
Cara untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kaki yakni, mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan di pagi hari. Bisa dilakukan di tangan secara rutin selama satu bulan untuk hasil yang maksimal.

b. Sebagai Pelembab Wajah
Caranya oleskan saja pada wajah sembari dipijit dengan ringan selama 10 menit kemudian bilas dengar air bersih.

c. Sebagai  Scrub Alami untuk Kulit Tubuh
Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam kasar, sebagai pengganti lulur untuk kulit.

Sumber Gambar: Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *