Sumber gambar: WhatsApp

Makassar, karebaindonesia.id – Dalam rangka mengakselerasi pencairan Gaji Ke-13, KPPN Makassar I membuka layanan penerimaan SPM Gaji Ke-13 pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 dan Minggu, 6 Juni 2021.

Hal ini sesuai dengan kebijakan pimpinan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Diketahui, KPPN Makassar I sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) di bawah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan. Pengajuan SPM Gaji Ke-13 tersebut telah disampaikan ke KPPN Makasar I sejak tanggal 2 Juni 2021.

Toding Luther selaku Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar I mengungkapkan bahwa semakin cepat Satuan Kerja (Satker) mengajukan SPM Gaji Ke-13, maka semakin efektif pula pencairan dana APBN yang akan membawa dampak positif dalam mendrive perekonomian.

Gaji Ke-13 yang dibayarkan kepada ASN terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum, hal tersebut sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021.

Untuk Calon PNS Gaji ke-13 terdiri dari 80% dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tunjangan umum sesuai jabatannya dan/atau pangkat golongan/ruangnya, sedangkan bagi Pensiunan dan Penerima Pensiun Gaji Ke-13 terdiri dari pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tambahan penghasilan.

Terkait pembayaran Gaji Ke-13 kepada ASN Pemerintah Daerah masih memerlukan Peraturan Kepala Daerah sebagai legal standing karena pencairannya terkait dengan APBD, namun demikian mekanisme pencairannya tetap mengacu pada PP nomor 63 Tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *