Sesi foto bersama Launching Kana Teater Takalar (Minggu/26/9/2021) di Gedung Islamic Center Takalar)

karebaindonesia.id–TAKALAR (27/9/2021)—Kelompok Kana Teater Takalar resmi dilaunching, napas baru seni Teater di Takalar dimulai. Kana Teater resmi dilaunching di Gedung Islamic Center Takalar, 26/9/2021.

Kana Teater Takalar adalah wadah ekspresi seni khususnya Teater bagi pemuda dan pelajar di Takalar, bertujuan untuk menjawab tantangan anak muda  agar mendapatkan ruang ekspresi . Launching Kana Teater dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Takalar, Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar, Ketua KPU Sulsel, Ketua Bawaslu Takalar, Pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Persatuan Penggiat Literasi Takalar (Pelita), Ketua PGRI, Budayawan dan Seniman, Ketua Sanggar  Seni se-Takalar, dan beberapa kelompok pemuda lainnya.

Direktur Umum Kana Teater, Damar I Manakku menyebutkan jika kelahiran Kana Teater berangkat dari sebuah kegelisahan, sebuah harapan dan berusaha mengambil peran membangun Takalar di jalur kesenian. Kana Teater adalah perwujudan rindu para aktor dan penikmat seni pertunjukan di Takalar.

Pertunjukan Sinrilik oleh pemuda desa Barugaya Kecamatan Polongbangkeng Utara dalam acara Launching Kana Teater

“Kami hadir untuk membawa suasana baru, kelompok Teater yang berupaya menggalang anak muda dan pelajar Takalar untuk memiliki wadah ekspresi, kelahiran Kana Teater mencoba memberikan napas baru”.Ucapnya.

Damar menambahkan, Kana Teater digawangi oleh Sembilan dewan pencetus, yakni Prof. Kembong Daeng, Kasma Mustafa, Zainuddin Detol, Djamal Dilaga, Suhaemi Herman, Damar I Manakku, Rusdi, Muhammad Hasyim dan Ryantifani.

Lanjut Kasma Mustafa sebagai Dewan Pembina Kana Teater mengatakan;

“Teater tidak sekadar bicara panggung atau sekadar hiburan, tetapi harus menjadi wadah pendidikan di luar dari bangku sekolah, kami berharap Kana Teater menjadi rumah lain dari anak muda melakukan pembelajaran, terwadahi sebuah pertemuan dengan banyak pemikiran”. Tukasnya.

Djamal Dilaga (Dewan Pengarah Kana Teater Takalar) sedang mementaskan dramatic reading (Minggu/26/9/2021) di Islamic Center Takalar

Hal sama juga disampaikan Djamal Dilaga di sesi dialog, bahwa Kana Teater harus menjadi jembatan kedekatan antara manusia dengan lingkungan, harus hadir memutus kekusutan suasana kehidupan, dan menjadikan Teater bukan hanya kelas hiburan, tapi tempat pembelajaran banyak hal.

Launching Kana Teater dihadiri beberapa tokoh politisi, pejabat dan seniman. Senada dengan pembicaraan para pencetus Kana Teater, Ketua DPRD Takalar, Darwis Sijaya mengapresiasi lahirnya wadah kesenian baru ini di Takalar, ia mengharapkan adanya perbaikan di tingkat generasi dengan terjun dan bergabung di Kana Teater

“ Kelahiran Kana Teater Takalar ini kita apresiasi, Takalar sudah sejak lama dekat dengan seni, kita harus dukung program-program Kana Teater untuk kemajuan generasi kita. Seni khususnya Teater harus mengambil peran membangun tingkat percaya diri anak muda” Tutupnya.

Kegiatan Launching Kana Teater menampilkan beberapa macam pertunjukan, mulai dari sinrilik, musikalisasi puisi,monolog, Dramatic Reading,Puisi, Langgam Daerah dan Gambus modern.

4 thoughts on “Launching ‘Kana Teater Takalar’, Ini Harapan Para Pendirinya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi