Karebaindonesia.id, Gowa – Gandrang bulo dibunyikan, seorang lelaki memakai pakaian adat jas tutup berwarna merah lengkap berjalan ke panggung. Patonro di kepalanya semakin menambah kegagahan Zulkifli, siswa SMPN 3 Sungguminasa.

Ia salah satu peserta yang mengikuti Lomba Angngaru antar Pelajar SLTP di Balla Lompoa Kabupaten Gowa. Kegiatan ini digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa dalam rangka memperingati Harga Jadi Gowa (HJG) ke-702. Dalam perlombaan ini tercatat sebanyak 50 sekolah tingkat SMP dan sederajat yang terlibat.

Angngaru ini biasanya dilakukan pada saat penyambutan tamu dan pesta adat seperti pernikahan dan pesta adat lainnya yang bersifat seremoni. Angngaru berasal dari kata dasar aru, yang artinya adalah sumpah, atau merupakan ikrar yang diucapkan orang-orang Gowa pada jaman dulu.

“Tabe’ karaeng kipammoporang mama’ ridallekang labbiritta, riempoang matinggita, risa’ri karatuanta,” tegas Zulkifli menyampaikan syair Angngaru’, di sela perlombaan, Rabu (09/11/2022).

Zulkifli mengatakan, dirinya sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Meskipun dirinya mengaku melakukan Angngaru’ bukanlah kali pertama, sebab beberapa kali ia dipercayakan membawa Angngaru’ pada kegiatan-kegiatan di sekolah.

“Allhamdullillah memang sudah beberapa kali dan memang sudah sering tampil di beberapa kegiatan. Tapi masih sebatas kegiatan kecil, kalau untuk kegiatan besar itu belum pernah, makanya sangat antusias,” katanya ditemui usai tampil.

Dalam mengikuti perlombaan tersebut dirinya mempersiapkan diri dengan bersungguh-sungguh latihan, menghafal dengan baik syair-syair dalam prosesi Angngaru’. Tak lupa pula berdoa dan bertakwalah agar dalam prosesinya dapat berjalan dengan baik.

“Untuk persiapan latihan saya berlatih itu selama tiga hari. Selain itu menyiapkan mental dan tetap berdoa atau bertawakal bahwa prosesi Angngaru’ ini mampu saya jalankan dengan baik, tanpa kendala apapun. Saya juga optimis dapat menang,” kata Zulkifli.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa Tenriwati Tahri mengatakan, Angngaru’ adalah prosesi adat Kabupaten Gowa yang harus terus diperkenalkan untuk generasi saat ini. Tujuannya, agar prosesi atau kearifan lokal ini tidak punah.

“Inilah makanya kita ingin memperkenalkan supaya tidak punah. Kita ingin memberikan informasi bahwa tradisi seperti ini ada, dan mereka bisa melihat dengan lebih dekat,” katanya.

Ia mengungkapkan, Angngaru’ dikenal sebagai pernyataan prajurit kepada raja (kepada orang yang dijunjung), sehingga perlu dilestarikan untuk anak-anak di masa mendatang.

“Dalam kebudayaannya orang Gowa, ada yang namanya pernyataan Aru Tubarani melalui Angngaru’. Prosesi ini juga sudah marak dilakukan, bukan hanya kegiatan serimonial tetapi juga di kegiatan pengantin pun sudah ada orang yang menyambut dengan prosesi Aru Tubarani,” jelasnya.

Lanjut mantan Kepala Bagian Umum Sekretaris Kabupaten Gowa ini, lomba Angngaru’ di tingkat pelajar SMP ini merupakan kegiatan Bidang Kebudayaan Disparbud Gowa yang masuk dalam program Ayo ke Meseum. Hanya saja karena program tersebut memang berlangsung di November, sehingga dirangkaikan Hari Jadi Gowa tahun ini..

“Karena kegiatan yang kita laksanakan ini adalah bagian dari menjaga kearifan lokal Kabupaten Gowa makanya kita mengangkat di momen HJG,” tegas Tenri.

Kedepannya, Disparbud Gowa akan kembali melaksanakan kegiatan serupa atau yang mengangkat terkait kearifan lokal yang ada di Kabupaten Gowa.

“Kalau kita buat kembali lomba Angngaru’ ini, pesertanya kita target dari anak-anak kita di tingkat SD dan sederajat. Agar tradisi ini bisa lebih dikenal sejak dini,” harapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Gowa Iqbal mengatakan, perlombaan Angngaru’ tingkat pelajar ini untuk melestarikan nilai-nilai budaya. Tujuannya agar nilai budaya dalam Angngaru’ bisa lebih dikenal oleh anak-anak saat ini.

“Belum lagi dalam prosesi Angngaru’ ini memiliki arti dan makna mendalam bagi rakyat Kabupaten Gowa,” terangnya.

Hanya saja, saat ini prosesi Angngaru’ kebanyakan dibawakan oleh orang-orang dewasa atau orang tua. Sehingga pihaknya berpikir bahwa Angngaru’ juga perlu diperkenalkan ke anak-anak, khususnya pelajar sebagai bagian dari melestarikan Angngaru’ sebagai warisan budaya Kabupaten Gowa.

“Perlu kita melestarikan ini salah satu upaya untuk melestarikan adalah dengan mengadakan lomba untuk menjaring anak-anak kita ini untuk mengenal budayanya, untuk mengenal sejarahnya, bahwasanya salah satu prosesi yang dikenal masyarakat Kabupaten Gowa adalah Aru Tubarani melalui Angngaru’, itulah kenapa kita mengadakan lomba ini,” sebutnya.

Dalam pelaksanaan lomba Angngaru’ ini rencananya yang berhasil meraih juara satu akan diberikan kesempatan membawakan Angngaru’ pada puncak HJG ke-702 di Balla Lompoa, 17 November 2022 mendatang. Sementara, bagi para pemenang mulai juara pertama hingga harapan satu akan diberikan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan.

By Kareba Indonesia

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

3 thoughts on “Melestarikan Budaya Lewat Lomba Antar Pelajar, Disparbud Gowa Kenalkan Tradisi Angngaru’ ke Siswa SMP”
  1. 👉 $5,000 FREE EXCHANGE BONUSES BELOW 📈 👉 PlaseFuture FREE $3,000 BONUS + 0% Maker Fees 📈 + PROMOCODE FOR NEWS USERS OF THE EXCHANGE 👉 [M0345IHZFN] — 0.01 BTC 👉 site: https://buycrypto.in.net Our site is a secure platform that makes it easy to buy, sell, and store cryptocurrency like Bitcoin, Ethereum, and More. We are available in over 30 countries worldwide.

  2. Hey, this is Eric and I ran across karebaindonesia.id a few minutes ago.

    Looks great… but now what?

    By that I mean, when someone like me finds your website – either through Search or just bouncing around – what happens next? Do you get a lot of leads from your site, or at least enough to make you happy?

    Honestly, most business websites fall a bit short when it comes to generating paying customers. Studies show that 70% of a site’s visitors disappear and are gone forever after just a moment.

    Here’s an idea…

    How about making it really EASY for every visitor who shows up to get a personal phone call you as soon as they hit your site…

    You can –

    Talk With Web Visitor is a software widget that’s works on your site, ready to capture any visitor’s Name, Email address and Phone Number. It signals you the moment they let you know they’re interested – so that you can talk to that lead while they’re literally looking over your site.

    CLICK HERE https://boostleadgeneration.com to try out a Live Demo with Talk With Web Visitor now to see exactly how it works.

    You’ll be amazed – the difference between contacting someone within 5 minutes versus a half-hour or more later could increase your results 100-fold.

    It gets even better… once you’ve captured their phone number, with our new SMS Text With Lead feature, you can automatically start a text (SMS) conversation.

    That way, even if you don’t close a deal right away, you can follow up with text messages for new offers, content links, even just “how you doing?” notes to build a relationship.

    Pretty sweet – AND effective.

    CLICK HERE https://boostleadgeneration.com to discover what Talk With Web Visitor can do for your business.

    You could be converting up to 100X more leads today!

    Eric
    PS: Talk With Web Visitor offers a FREE 14 days trial – and it even includes International Long Distance Calling.
    You have customers waiting to talk with you right now… don’t keep them waiting.
    CLICK HERE https://boostleadgeneration.com to try Talk With Web Visitor now.

    If you’d like to unsubscribe click here http://boostleadgeneration.com/unsubscribe.aspx?d=karebaindonesia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi