karebaindonesia.id – Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Iduladha atau Lebaran Kurban. Meski perayaan kali ini akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya disebabkan situasi pandemi Covid-19 pada negara-negara yang kasusnya belum terkendali, termasuk Indonesia.

Seperti perayaan Idulfitri lalu yang dihimbau agar pelaksanaanya diaplikasikan di rumah masing-masing, masyarakat kini berpolemik, akankah perayaan Iduladha kali ini masih seperti itu juga. Lalu bagaimana dengan pelaksanaan kurbannya?

Merespon hal itu, Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) mengadakan diskusi virtual dalam “Webinar Qurban Nasional” yang mengusung tema “Hikmah Qurban di Tengah Pandemi”. Kegiatan ini mendaulat tiga Narasumber Nasional yaitu Dr. H. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. (Menteri Pemuda dan Olahraga 2004-2009), Ustadz Fahmi Salim, Lc., M.A. (Direktur Alfahmu Institute, Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat), dan Ustadz Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., MP., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (Direktur Halal Research Center Fakultas Peternakan UGM, Auditor LPPOM MUI DIY). Kegiatan ini dijadwalkan pada hari Jumat, 17 Juli 2020 Pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat malam ini secara virtual via aplikasi Zoom.

Abd. Rajab Mar’am selaku Koordinator Departemen Dakwah Pengurus Pusat LIDMI berharap agar kegiatan ini hadir sebagai media bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana pandangan otoritatif atas persoalan ini. “Sudah ada arahan dari MUI pusat. Olehnya itu LIDMI ingin ikut berperan dalam upaya itu dengan menghadirkan pemateri dari pihak MUI Pusat. Kita juga menghadirkan pemateri lain yang akan menjelaskan cara aman penyelenggaraan kurban dari perspektif kesehatan mengingat kondisi pandemi saat ini, khususnya di kota Makassar” Pungkasnya.[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *