Jombang, karebaindonesia.id – Sungguh mengharukan apa yang dilakukan Ibu Karlik (41 tahun), seorang Ibu Rumah Tangga yang tinggal di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini. Ibu Karlik dengan berat hati menjual kambing peliharaannya untuk membeli gawai (smartphone) seharga 1,5 Juta Rupiah untuk dipakai anaknya dalam mengikuti proses belajar-mengajar melalui daring.

Ibu Karlik dan suaminya yang berprofesi sebagai petani ini memiliki dua anak yang salah satunya masuk duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri (SDN) Marmoyo. Ibu Karlik mengaku semenjak pandemi Covid-19, proses belajar-mengajar tidak dilakukan lagi di sekolah dan diganti dengan belajar di rumah melalui daring.

“Sejak ada Corona, pelajaran dilakukan online. Akhirnya ya jual kambing untuk beli HP (handphone), ditambah tabungan anaknya.” Ujar Ibu Karlik yang dilansir Kompas.com pada Rabu, 22 Juli 2020 kemarin.

Meski demikian, gawai yang dibeli Ibu Karlik ini tidak bisa mengakses internet di rumahnya. Hal itu disebabkan karena langkanya akses sinyal yang memadai di desanya tinggal. Maka setiap pagi, Ibu Karlik beserta anaknya menumpang di rumah warga yang menyediakan akses internet melalui WiFi. Ibu Karlik berharap pemerintah mengizinkan kembali proses belajar-mengajar secara tatap muka di sekolah seperti sediakala.

Sementara itu, Sekretaris Desa Marmoyo Sumandi, mengatakan bahwa metode proses belajar-mengajar melalui daring dinilai kurang efektif diterapkan di desa yang dihuni sekitar 1.100 jiwa ini. Sumandi merasa, selain masih sedikitnya warga yang memakai gawai, juga akses sinyal yang langka di desa tersebut masih menjadi kendala utama.

“Kendala utama untuk pembelajaran daring di Desa Marmoyo, soal jaringan. Di sini jaringan internet hanya bisa lewat WiFi. Seluler tidak bisa. Ramainya handphone ya baru-baru ini, sejak ada Covid-19. Itu karena sekolah menerapkan belajar secara daring.” Ujar Sumandi dalam wawancara di rumahnya yang dilansir Kompas.com pada Rabu, 22 Juli 2020.[]


By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

52 thoughts on “Mengharukan! Demi Anaknya Belajar, Ibu Rela Jual Kambing Peliharaannya Untuk Beli Smartphone”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi