karebaindonesia.id,- Sejarah peradaban dunia Islam tidak lepas dari sejarah negara Turki, Kejayaan Islam dari zaman nabi hingga runtuhnya khilafah Utsmaniyah atau Kesultanan Turki Ustmaniah menjadi sejarah dunia yang menunjukkan bahwa Islam penah menguasai sepertiga dunia dengan segala kejayaannya hingga runtuhnya kekhalifahan Ustmani, 3 Maret 1924.

Tidak heran jika Turki dipenuhi dan dikenal dengan peninggalan sejarah yang spektakuler, bangunan dengan khas Islami menjadi warna tersendiri disetiap sudut-sudut kota. Sejarah kelam juga mencatat setelah runtuhnya masa khalifah Turki berubah menjadi negara republik yang dikenal sekuler di bawah pimpinan Kemal Attatruk.

Turki sampai saat ini kembali menjadi perhatian dunia sejak dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan sejak terpilih sebagai Presiden 28 Agustus 2014 dan menjadi petahana hingga saat ini melalui pemilihan umum dengan kendaraan partai AKP.   Melalui akun Facebook Sahabat Erdogan (21/8/2015) menyebutkan Turki memiliki peranan penting bagi dunia Islam dan juga harapan seluruh ummat Muslim Dunia.

Beberapa kebijakan Presiden Turki Erdogan menjadi perhatian dunia. Baru-baru ini Erdogan kembali menarik perhatian dunia hingga beberapa negara, PBB dan UNESCO angkat bicara terkait kebijakan Presiden Turki membuka Hagia Sophia sebagai Masjid. Tempat ini memang dulunya sebagai tempat ibadah namun sejak tahun 1934 dijadikan museum dunia oleh Mustafa Kemal Attaturk sebagai tokoh sekuler sejak berkuasa.

Alih fungsi tempat ini dari museum dan kembali menjadi masjid melalui pengadilan tinggi Turki. Seperti yang dilansir Reuters  (10/7/2020) menyatakan bahwa pengadilan tinggi Turki telah menetapkan bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada tahun 1934 adalah pelanggaran hukum. Berdasarkan hal itu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dengan terbuka mengumumkan bahwa Museum Hagia Sophia di buka sebagai tempat ibadah Masjid Ayasofya.

Sumber Gambar: befreetour.com, Edit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *