karebaindonesia.id,- Hagia Sophia Turki kembali difungsikan sebagai masjid setelah Presiden Erdogan  mengumumkan penggunaaan kembali Hagia Sophia sebagai tempat ibadah. Keputusan Pengadilan Tinggi Turki ini resmi  setelah menetapkan Hagia Sophia sebagai tempat ibadah yang sebelumnya difungsikan sebagai museum.

Hari ini dikabarkan akan dihadiri sekitar 1000 jamaah masyarakat Turki akan melaksanakan shalat Jumat pertama. Seperti yang dilansir Hurriyetdailynews Presiden Turki Erdogan mengumumkan dalam pidatonya bahwa insyaallah tanggal 24 Juli 2020 adalah Shalat Jumat pertama di Hagia Sophia setelah 86 tahun.

Shalat Jumat pertama ini akan dipimpin oleh Ketua Direktur Keagamaan Turki  Ali Erbas seperti yang dilansir  harian Turki Hürriyet, selain itu ornament-ornament tertentu yang bersimbolkan agama lain akan ditutupi tirai.

Awalnya Hagia Sophia adalah masjid pada  Kekhalifahan Utsmaniyah yang dipimpin Sultan Muhammad Al-Fatih dan dijadikan museum sejak runtuhnya kekhalifahan dan hari ini akan menjadi sejarah baru Turki dengan memulai shalat Jumat pertama setelah dibuka kembali sebagai tempat ibadah.

“Icon Istambul Turki ini tetap dibuka untuk umum bahkan orang asing baik non muslim juga tetap bisa berkunjung ke tempat ini.” ujar Erdogan.

60 thoughts on “Merinding! Hari Ini Salat Jumat Perdana di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun Menjadi Museum”
  1. Pretty nice post. I simply stumbled upon your
    weblog and wanted to say that I’ve truly enjoyed browsing your weblog posts.

    After all I’ll be subscribing on your rss feed and
    I am hoping you write once more soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi