Logo Partai Nasdem dan Golkar

Karebaindonesia.id-Partai NasDem Sulawesi-Selatan (Sulsel) dibawa kepemimpinan Rusdi Masse (RMS) terus menunjukkan trend positif.

Sejak pemilu 2019, rating NasDem Sulsel meningkat tajam usai memenangkan posisi pimpinan di DPRD baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Dengan hasil ini, NasDem dianggap sangat mengancam partai Golkar yang selama ini mendominasi di Sulsel baik di pilkada atau pemilu sejak 10 tahun terakhir.

Direktur SErasi Indonesia yang juga pengamat ekonomi-politik Samsul Alam menilai, hal itu bukan hal yang mustahil untuk dilakukan NasDem.Menurutnya, dengan melihat hasil pada pileg 2019, NasDem sangat menunjukkan hasil positif dengan menempel Golkar dalam perolehan suara.

“Sangat mengancam (red;Golkar) karena NasDem dibawa kendali RMS itu mampu memainkan strategi yang sebenarnya adalah strategi Golkar Sulsel itu sendiri.” ungkap Samsul(27/5).

Samsul menjelaskan, Golkar harusnya menggunakan strategi baru jika ingin mempertahankan posisinya sebagai partai mendominasi.Karena, pemilih Golkar bisa berpindah ke NasDem atau bahkan ke partai yang lain jika masih seperti ini.

“Nah bukan saja NasDem yang mengancam, ada Gerindra, Demokrat, mereka ini juga mengancam, jadi bisa saja 2024 Golkar kehilangan kans di Sulsel.” terangnya.

“Kita lihat saja di DPRD tingkat kabupaten/kota, banyak posisi pimpinan dipegang bukan dari Golkar lagi dan itu salah satu bukti.” lanjutnya.

Menurut mantan komisioner KPU Kota Palopo ini, NasDem bisa dikategorikan sebagai anak kandung Golkar saat ini.Sehingga, strategi yang diterapkan NasDem dianggap juga sebagai strategi Golkar saat ini.

“Ini NasDem kan bisa kita bilang anak kandung Golkar, bagaimana eks kader Golkar pindah ke NasDem dan mereka-merekalah yang menerapkan strategi itu.” tegas Samsul.

“Intinya Golkar Sulsel terancam, jadi jika ingin mempertahankan trendbaiknya merubah strategi dilapangan.” tutup dia.

Pada pilgub 2018 lalu, NasDem yang dipimpin Rusdi Masse berkoalisi dengan Golkar yang dipimpin Nurdin Halid.Kedua parpol ini mengusung calon gubernur Nurdin Halid dan calon wakil gubernur Abdul Aziz Qahar Mudazakkar.

By Abd Jafar

Reporter Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *