karebaindonesia.id

Makassar, karebaindonesia.id – Sosial Service Centre (SSC) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Makassar menggelar galang donasi untuk korban banjir Bantaeng-Jeneponto.

Hujan deras menggasak Bantaeng dan Jeneponto pada awal Juli ini. Hal ini menghadirkan kembali cerita yang telah ada sebelumnya. Akibat dari hujan tersebut, Sejumlah daerah mengalami banjir (08/07/2021).

Banjir di Bantaeng terjadi pada Rabu kemarin pukul 20. 00 Wita. Adapun lokasi terdampak, Kelurahan lamalaka, Lembang, Mallilingi, Pallantikang, Desa Rappoa, pasar Beru, terminal Pasar Beru, Jl Pahlawan Sasayya, BTN Thamrin Labandoe, dan BTN Erlita Sasayya, Jl TA Gani, dan Jl Mongosidi.

Menurut laporan warga, banjir terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi mulai siang hari hingga malam. Dikabarkan, Drenase Jl Monginsidi dalam jebol, juga Irigasi Cedo ke arah Lasepang jebol mengakibatkan meluapnya air sampai ke arah sungai Lasepang. Sementara Sungai Sasayya di belakang BTN Erlita jebol mengakibatkan air tumpah kepemukiman warga.

Korban terdampak dan terendam banjir kurang lebih 1000 rumah (kurang lebih 5000 jiwa). Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian ditaksir kurang lebih 5M. Bupati Bantaeng berpesan kepada warga agar tetap tenang dan sigap ketika terjadi kemungkinan terparah untuk segera menyelamatkan diri mencari tempat yang aman dari banjir

Sementara itu, Hujan dikabarkan mengguyur Jeneponto pada Rabu kemarin sampai Kamis dini hari. Akibatnya, beberapa kecamatan terendam banjir. Di antaranya, Tino Kecamatan Tarowang, Desa Kalumpang Lompoa Kecamatan Arungkeke, Desa Maccini Baji Kecamatan batang, dan Kelurahan Balang Toa Kecamatan Binamu.

Terdapat puluhan rumah rusak berat, dan rumah rusak ringan. Minimnya perlengkapan yang dimiliki dan masih kurangnya stok bantuan menjadi kendala saat ini. Untuk para dermawan, SSC KAMMI Makassar sebagai lembaga kemanusiaan mengajak untuk bersama memberikan donasi terbaik kepada korban banjir tertulis. Donasi bisa berupa obat-obatan, pakaian, selimut, sarung, sembako, dll. Bagi yang ingin memberikan bantuan berupa uang, bisa dikirim melalui nomor rekening 7777722907 (a.n SSC KAMMI Makassar, Bank BSI). Atau bisa langsung menghubungi nomor 0823-9902-7450 (Riska).

1 thought on “Peduli Korban Banjir Bantaeng-Jeneponto, SSC KAMMI Makassar Ajak Dermawan Salurkan Donasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *