Makassar, karebaindonesia.id – Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) cabang Kabupaten Bone menyelenggarakan webinar puisi sebagai program awal setelah pembentukan dan pelantikan Agupena Cabang Bone pada Jumat, 11 Desember 2020 kemarin via Zoom Meeting.

Webinar ini menghadirkan sejumlah pemateri seperti Murnih Aisyah (Ketua Agupena Kota Makassar) yang memberi motivasi kepada para penulis pemula untuk tidak ragu dalam berkarya.

Selain itu, penulis novel berjudul “Pulang” ini memberikan tips jika ingin menjadi penulis jangka panjang maka tujuan kita juga harus tujuan jangka panjang.

“Jangan menulis hanya untuk popularitas dan juga uang, ubah motivasinya, menulislah dengan niat berbagi ilmu, ini akan menjadi amal jariyah kita,” ujarnya.

Pemateri lain yaitu Andika Mappasomba (Penulis dan juga penggiat Literasi Sulawesi Selatan) yang hadir menghipnosis peserta dengan untaian kata dengan diksi-diksi indahnya yang selalu ia selip saat membawakan materi Trik Kreatif Menulis Puisi.

“Bahasa yang baik dalam puisi adalah bahasa yang secara teoritik menggunakan metafora sebagai medium pengekspresiannya,” ungkapnya.

Webinar ini dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, guru, pelajar dan masyarakat umum lainnya.

Para peserta sangat antusias mengikuti webinar. Selain itu, seorang peserta webinar, Mita permatasari unjuk kebolehannya dengan membacakan puisi berjudul Tahajjud Cinta.

Ketua Agupena Wilayah Sulawesi Selatan, yang diwakili oleh Sekertaris Umum Agupena Wilayah, Simon Sampetoding sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Dalam sambutannya, dia menjelaskan bahwa Agupena wilayah akan selalu mendukung seluruh kegiatan Agupena yang ada di cabang Kabupaten/Kota.

Ketua Agupena Cabang Bone, Shabiel Zakaria menuturkan bahwa Agupena Cabang Bone hadir melaksanakan webinar ini karena gerakan literasi semakin massif dan butuh pengawalan.

“Para penulis butuh wadah dalam mengembangkan potensinya. Agupena selalu terbuka bersinergi dengan siapa saja dalam memajukan kepenulisan di Indonesia,” katanya.

Di akhir webinar, dia pun menjelaskan bahwa rangkaian webinar akan dilanjutkan dengan workshop penulisan puisi dengan harapan seluruh karya peserta workshop nantinya akan diterbitkan menjadi sebuah Antologi puisi dengan tema “Merindu Sekolah”.[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

22 thoughts on “Peserta Antusias Menulis Puisi dalam Webinar Agupena Cabang Bone”
  1. Semoga wadah kepenulisan ini berlanjut terus menjadi tempat menimbah ilmu bg pemula seperti sy dan bertukar pikiran untuk menggiatkan kegiatan literasi.
    Mudah2an anggotanya dpt bertambah agar saling menyemangati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *