Karebaindonesia.id – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa pembangunan Taman Nasional Komodo yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo tetap dikembangkan.

Walau saat ini, proyek prestisius itu menuai banyak kritikan, dikarenakan proyek Pulau Komodo yang mendapat julukan Jurassic Park ini dianggap mengancam habitat asli Komodo.

Menurutnya, alasan utama pengembangan kawasan tersebut karena habitat komodo cuma ada satu-satunya di dunia. Sehingga, hal itu memiliki nilai yang tinggi untuk dikembangkan sebagai objek pariwisata.

“Saya pikir komodo ini cuma satu-satunya di dunia, jadi kita harus jual. Karena orang tidak suka, atau terus terang saja, meremehkan kita,” ujarnya dalam salah satu diskusi virtual pada Jumat, 27 November 2020 lalu.

Dia pun menambahkan bahwa tujuan pemerintah mengembangkan pariwisata di Pulau Komodo justru untuk melestarikan hewan yang dilindungi tersebut.

Meski dalam pengakuannya, proyek pengembangan di Pulau Komodo ini memang bertujuan komersil.

“Kalau dibilang komersil ya kami harus komersil, karena kami mau merawat binatang ini supaya bisa kami pelihara terus,” imbuhnya.

Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa proyek di Taman Nasional Komodo akan dipisahkan antara wilayah untuk banyak dan turis dana yang super premium.

Sehingga, Ia meminta Gubernur (Nusa Tenggara Timur) NTT untuk menggandeng konsultan terkait keputusan rancangan proyek tersebut.

“Kan ada Pulau Rinca dan Komodo, tinggal nanti kita putuskan pulau mana yang banyak kita mungkin masifkan turis dan mana pulau yang kita bikin bintang enam. Kalau orang mau datang ke sana ya dia harus bayar mahal,” tutupnya.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

49 thoughts on “Proyek Taman Nasional Komodo Tetap Berlanjut, Luhut: Kita Harus Jual”
  1. 596360 284538hello!,I genuinely like your writing extremely a lot! percentage we keep up a correspondence extra about your post on AOL? I need to have an expert on this area to unravel my problem. May be that is you! Taking a look forward to peer you. 732657

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi