Jakarta, karebaindonesia.id – Presiden RI Joko Widodo, resmi menetapkan tanggal 9 Desember 2020 mendatang yang bertepatan dengan hari penyelenggaraan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak sebagai hari libur nasional.

Penetapan hari libur nasioanl tersebut termaktub dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 22 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi dan ditetapkan pada 27 November 2020 kemarin.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak,” tulis kutipan Keppres yang dilansir dari situs CNN Indonesia pada Sabtu, 28 November 2020 hari ini.

Pertimbangan Presiden Jokowi untuk menjadikan 9 Desember sebagai hari libur nasional disebutkan dalam Keppres salah satunya adalah sebagai bentuk pemberian kesempatan bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

Hal itu merujuk pada Pasal 84 ayat (3) Undang-undang No.1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Undang-undang No. 6 Tahun 2020, maka hari pemungutan suara harus dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Pilkada Serentak 2020 akan menyerentakkan 270 pemilihan dalam satu hari. Berdasarkan Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sebanyak 100.359.152 pemilih di 309 kabupaten/kota akan terlibat dalam pilkada kali ini.

Pemilihan yang digelar 9 Desember mendatang akan digadang-gadang sebagai pilkada dengan jumlah daerah terbanyak dan pilkada pertama saat pandemi.

Meski sejauh ini, sudah lebih dari 100 petugas KPU dan Bawaslu yang terinfeksi virus corona selama proses tahapan Pilkada Serentak 2020.[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *