Sumber Foto : Tribunnews.com

Amerika Serikat, karebaindonesia.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi mengumumkan Uni Emirat Arab (UEA) menjalin hubungan diplomatik dengan Israel di Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis, 13 Agustus 2020 waktu setempat atau Jumat, 14 Agustus 2020 waktu Indonesia.

UEA menjadi negara Arab ketiga yang menjalin hubungan diplomatik dengan negara Israel setelah Mesir dan Yordania. Presiden Donald Trump mengaku bahwa kedua negara tersebut sepakat menjalin hubungan baik dan kerjasama satu sama lain.

Hubungan diplomatik UEA dan Israel ini menjadi tanda bahwa masing-masing negara sepakat menjalin perdamaian setelah 49 tahun terakhir. Dalam mewujudkan hubungan perdamaian ini, UEA dan Israel menempatkan duta besar mereka secara silang serta menjalin kerjasama dalam banyak bidang yang menguntungkan masing-masing negara.

Presiden Donald Trump dalam pidatonya yang ditayangkan Fox News mengatakan bahwa hubungan diplomatik ini benar-benar bersejarah.

“Sungguh hubungan diplomatik antara Israel dan Unit Emirat Arab benar-benar peristiwa bersejarahnya,” ujar dalam pidatonya di Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis, 13 Agustus 2020 waktu setempat.

Sementara itu, Israel menerima perjanjian damai dengan UEA dengan tidak melakukan aneksasi di Tepi Barat. Rencananya, Israel akan berfokus untuk menjalin hubungan baik secara luas dengan negara-negara Arab dan negara-negara berpenduduk Muslim.[]




By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *