Sumber gambar: WhatsApp

Bulukumba, karebaindonesia.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Desa Darubiah. Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Drs. H.A.Mattampawali, AS bertempat di aula kantor Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba (Selasa, 06 April 2021).

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa darubiah ini bernama Pokdarwis Darubiah Tourism yang diketuai oleh Indiz Essa Rutepar, S.IP.

Tujuan dibentukya kelompok sadar wisata ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pemuda yang berada di Desa Darubiah agar berperan aktif sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatnya bagi masyarakat.

Sumber gambar: WhatsApp

Tugas dari Kelompok Sadar Wisata Darubiah Tourism adalah meningkatkan pemahaman kepariwisataan masyarakat, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat Pokdarwis dan mensukseskan pembangunan kepariwisataan.

Andi Arlinda selaku Kepala Desa Darubiah berharap dengan dibentuknya Pokdarwis Darubiah Tourism ini, potensi pariwisata yang ada di Desa Darubiah dapat digali lebih dalam agar lebih maju dan berkembang sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat.

Hal senada dituturkan oleh Camat Bonto Bahari, AB. Thawilah Amran, S. Sos, dia berharap dengan semakin berkembangnnya sektor pariwisata di Kecamatan Bonto Bahari, perekonomian masyarakat juga semakin meningkat.

Drs. H.A.Mattampawali, AS selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba berharap Pokdarwis Darubiah Tourism agar lebih kreatif dalam mengelola setiap obyek wisata yang ada di Desa Darubiah, sehingga wisatawan akan lebih tertarik untuk berkunjung. Selain itu, beliau juga berharap agar Pokdarwis Darubiah Tourism ini terus bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait untuk kemajuan pariwisata.

Turut hadir Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan, Andi Aryono, S.IP., M.M, Kepala Seksi Pengembangan SDM Kepariwisataan, Rabiatul Adawiyah Syam, S.E dan aparat Desa Darubiah Kec. Bonto Bahari.

Adapun program kerja yang dirancang yaitu akan dilaksanakannya event tahunan di Desa Darubiah seperti event menunggu lumba-lumba lewat dan mandi-mandi di bulan safar yang merupakan tradisi masyarakat di Desa Darubiah yang rutin dilakukan setiap bulan Safar.

31 thoughts on “Sah, Dinas Pariwisata Resmi Kukuhkan Pokdarwis Bulukumba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi