Pemilu Presiden Amerika Serikat semakin sengit, sang penantang petahana, Joe Biden selangkah lagi menuju gedung putih setelah mengamankan suara elektoral negara bagian Michigan dan Wisconsin. Total suara elektoral yang dikumpulkan Biden sebanyak 264 suara elektoral, berbanding 213 dengan petahana Donald Trump.

Untuk diketahui, calon presiden dinyatakan sebagai pemenang jika mengamankan 270 suara elektoral, ini berarti Biden sisa mengamankan negara bagian Nevada, di mana suara elektoralnya sebanyak enam.

Persebaran Suara Elekoral Negara Bagian di Amerika Serikat (google.com)

Namun peluang untuk kemenangan bagi Trump juga terbuka lebar dengan harapan mensolidkan kekuatan Republik di Alaska (3 suara elektoral) dan “memerahkan” suara Negara Bagian Georgia (16 suara elektoral), North Carolina (15 suara elektoral), dan Pennsylvania (20 suara elektoral).

Jika Trump berhasil mengamankan suara elektoral di negara bagian tersebut, maka Sang Petahana berhasil menyalip keunggulan Biden dengan perolehan suara 268 suara elektoral. Jika hal tersebut terjadi, maka dipastikan persaingan semakin ketat di negara bagian Nevada.

Lalu siapakah pemenang dari pemilihan presiden Amerika Tersebut? hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *