Sumber Foto : Tirto.id

Karebaindonesia.id – Presiden RI ke-5 yang juga politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri kini diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh negara.

Dilansir dari Suara.com, usulan itu diutarakan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (DPP JBMI), Albiner Sitompul.

Keputusan pengusulan tersebut diambil selepas mengadakan grup diskusi terfokus yang dihadiri tokoh seperti Hariyadi dan Muryanto Amin pada Senin, 19 Oktober 2020 lalu.

Selain nama Megawati Soekarnoputri, tokoh muslim Batak, yaitu Tuan Syekh Ibrahim Sitompul juga diusulkan menjadi pahlawan nasional.

“Kami mengusulkan Ibu Megawati dan Tuan Syekh Ibrahim Sitompul sebagai Pahlawan Nasional kepada pemerintah. Itu tentu ada alasan kuatnya,” ujarnya kepada media pada Selasa, 20 Oktober 2020 lalu.

Tambahnya, Albiner Sitompul berpendapat bahwa Megawati Soekarnoputri adalah sosok pemberani yang melawan rezim Soeharto pada era Orde Baru, terutama saat Megawati Soekarnoputri menentang Soeharto yang melemparnya dari kursi kepemimpinan di PDI dikarenakan Orde Baru tidak menyukai sosok anak dari Presiden Pertama Soekarno terpilih secara demokratis sebagai Ketua PDI saat itu.

Selain itu, Albiner Sitompul juga memilih Syekh Ibrahim Sitompul karena sosoknya yang berani dan gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Sementara itu, usulannya telah disampaikan kepada Kementerian Sosial RI selasa lalu untuk dipertimbangkan. Dia berharap, usulan tersebut bisa diterima oleh pemerintah dalam rangka menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2020 nanti.[]

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *