istimewa

Sidrap,karebaindonesia.id—Upaya mengembangkan komoditi tanaman porang di Takalar benar-benar diperlihatkan oleh anggota Fraksi Nasdem Takalar. Hari ini Sabtu, (22/8/2020) mereka mengunjungi kebun porang Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif di Desa Talumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap.

Fadel Achmad dan Edwin Parawansyah, dua anggota legislatif dari Fraksi Nasdem Takalar ini sangat antusias dan mengatakan bahwa keberhasilan tanaman porang yang dikembangkan Syaharuddin Alrif di Sidrap tentunya membuat napas panjang bagi kesejahteraan para petani, dibuktikan dari kebun di Sidrap ini telah memanen hasil porang dan akan menjadi ruang pembibitan sekaligus komoditi ekspor di pasar internasional.

“Kami rela datang jauh dari Takalar ke Sidrap ini, semata untuk belajar bagaimana mengelolah pengembangan tanaman porang ini, keberhasilan dari kakak Syaharuddin Alrif yang juga sebagai Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulsel ini memberikan inspirasi, bahwa porang harus dikembangkan di Sulsel, kini saatnya Takalar juga mengambil peluang itu”. Ucap Fadel Achmad.

syaharuddin alrif (tengah) sedang menjelaskan tanaman Porang

Senada dengan itu, Andi Edwin Parawansyah juga turut memberikan apresiasi dan rasa takjub atas pengembangan porang di Sidrap, ia menyebut bahwa memang perlu tata kelola yang baik, juga kemauan dan keseriusan untuk mengajak para petani dan masyarakat yang memiliki lahan untuk bercocok tanam porang, sebab keuntungan dan pasarnya sangat jelas.

“Rombongan dari Fraksi Nasdem Takalar hari ini begitu banyak mendapatkan pembelajaran, Takalar dengan potensi sumber daya alam, dan lahan yang masih ada, maka tanaman porang inilah yang akan menghidupkan lahan mati atau tidur di Takalar, selain waktu dan nilai ekonomisnya, porang ternyata tidak membutuhkan banyak pestisida atau jenis pupuk yang biasanya memberatkan para petani”. Tukasnya.

Industri porang ini memang akhir-akhir menjadi buruan, dan beberapa daerah di Sulawesi Selatan sudah mulai mencanangkan untuk menjadi sentra penghasil porang. Itu juga peluang yang ditangkap oleh anggota Fraksi Nasdem Takalar untuk mengembangkan di Taklaar lewat arahan dan bimbingan Syaharuddin Alrif.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif memberi komentar dan menyampaikan turut bahagianya atas kunjungan langsung dari anggota Fraksi Nasdem Takalar, ia menyebut bahwa kondisi dan kontur tanah di Takalar tidak jauh beda dengan Sidrap, oleh karenanya ia mengajak seluruh elemen dan kader-kader Nasdem memulai mengembangkan tanaman Porang ini.

“Kehadiran dari dua anggota fraksi Nasdem Takalar di Sidrap tentu saya bergembira, dua anak muda ini harus kembali ke Takalar dengan semangat dan motivasi baru untuk bersama mengembangkan porang ini, pesan saya, kembali turun ke masyarakat, ajak mereka bertani dan membuka lahan untuk porang, maka di situlah bentuk pengabdian kita terhadap masyarakat jika lewat kita mereka bisa lebih sejahtera”. Tutupnya.

1 thought on “Setelah Kunjungi Kebun Wakil Ketua DPRD Sulsel, Anggota Fraksi Nasdem Takalar Optimis Porang Dikembangkan Di Sulsel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *