Makassar, karebaindonesia.id,- Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar sukses mempertahankan akreditasi “B” berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 4026/SK/BAN_PT/AK-PPJ/S/VII/2020, yang diterbitkan pada tanggal 11 Juli 2020.

Akreditasi B kembali disematkan kepada Prodi THP menyusul tercapainya kembali reakreditasi B yang diraih oleh STITEK Balik Diwa Makassar pada April 2020. 

Penilaian akreditasi ini dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara periodik, 5 tahun sekali.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari cita-cita program studi yang selalu konsisten meningkatkan mutu dan kualitas akademik Prodi THP melalui Penerapan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi Keilmuan dan kemampuan menerapkan secara tepat dalam pengolahan hasil Perikanan.

Yeni Savitri Andi Lawi,S.Pi.,M.Si menyampaikan rasa syukurnya atas perolehan reakreditasi THP.

 “Alhamdulillah, ini adalah hasil terbaik yang diberikan untuk kita semua, dan patut disyukuri dengan bekerja dengan sungguh sungguh untuk mencapai cita-cita prodi,” ujar Ketua Program Studi Teknologi Hasil Perikanan ini.

Selain itu, Yeni Savitri juga menceritakan proses persiapan reakreditasi yang sudah dimulai dari awal Maret 2019 silam. 

“Proses persiapan reakreditasi THP secara resmi dimulai pada bulan Maret 2019,” imbuhnya.

Tahapan-tahapan telah dilalui oleh Prodi THP dalam persiapan reakreditasi, brainstorming untuk memahami borang, pengumpulan data, hingga simulasi penilaian borang dan review dengan para pakar. 

Dengan hasil review tersebut banyak masukan dan evaluasi yang dilakukan, seperti kelengkapan berkas dokumentasi, karya dosen, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut Yeni Safitri menyampaikan bahwa penyusunan Borang memakan proses panjang.

 “Alhamdulillah usaha tidak menghianati hasil, kita mulai Maret 2019 dan selesai Februari 2020, perpanjangan otomatis diterima dengan terbitnya sertifikat akreditasi dengan predikat “B” sampai tahun 2025. Hal ini kami lakukan untuk tetap menjaga kredibilitas Prodi THP,” tuturnya lebih lanjut.

Atas dasar itulah Prodi THP yang merupakan satu-satunya Program Studi Teknologi Hasil Perikanan di Timur Indonesia, berupaya untuk terus melakukan peningkatan penilaian. 

Penilaian tersebut meliputi berbagai aspek, seperti visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian;  Kinerja dosen dan Mahasiswa (PD DIKTI), Penelitian dan Pengabdian (Simlitabmas), Lulusan/Alumni (Tracer Study), Publikasi (SINTA), Kerjasama (Simlekermq), Kegiatan Kemahasiswaan (Simkatmawa), Inovasi (SIMANIS), serta sarana dan prasarana.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap dosen, alumni, mahasiswa, staf, dan stakeholder atas kerjasamanya. Hasil yang memuaskan ini akan kami imbangi dengan pembenahan dan perbaikan dari berbagai sisi secara berkelanjutan,” tutur Yeni Savitri.

“Sekolah Tinggi Teknologi Perikanan yang masuk sebagai 8 Besar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di wilayah LLDIKTI IX (Sulawesi-Gorontalo) berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2020/2021 secara online melalui laman lendaftran.stitek-balikdiwa.ac.id atau melalui WhatsApp 0811408822. Alamat kampus di Jalan Perintis Kemerdekaan 8 nomor 8 Tamalanrea Makassar,” pungkasnya.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *