Karebaindonesia.id,- Kuliah daring adalah sebuah metode pembelajaran di mana pengajar dan yang di ajar terpisah, alias tidak bertatap muka secara langsung. Namun dengan kecanggihan teknologi sekarang ini bisa tetap berkomunikasi menggunakan media pembelajaran seperti Google Meet, Zoom, Google Class Room dll.

Di Era Society 4.0, perkembangan makin cepat dan pesat dalam banyak hal. Perkembangan teknologi dan internet hari ini membuat manusia menjadi lebih mudah dalam menjalani kehidupan.

Sarana menjadi tolak ukur yang penting dalam penerapan kuliah daring, kampus harus bisa menyediakan akses jaringan yang memadai agar dosen atau mahasiswa dapat dengan mudah memperoleh internet secara lancar. Karena tanpa internet memadai, sangat mustahil kuliah daring bisa berjalan lancar.

Namun, bagamanai dengan daerah yang jarang tersentuh oleh aparat pemerintahan? telah diberitakan bahwa beberapa daerah di Indonesia masih menyandang status Society 2.0. Diantaranya daerah yang masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya, salah satunya suku kajang dalam di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Indonesia belum mampu memanfaatkan wilayah-wilayah pedesaan yang memiliki potensi cukup besar dalam membantu membangun perekonomian Negara. Hal ini merefleksikan bahwa ketidak merataan penggunaan internet di Indonesia. Sudah lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka, namun tidak dengan jaringan internetnya.

Pendidikan yang humanis adalah yang memanusiakan manusia, bersifat non-diskriminatif, non-mekanistik, serta sesuai dengan semangat pendidikan itu sendiri, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia, baik secara keilmuan maupun akhlak.

Penulis: Muhammad Nur Ihsan (Mahasiswa UIN Alauddin Makassar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *