Makassar, Karebaindonesia.id – Pengurus Besar Ikatan Kekeluargaan Pelajar / Mahasiswa Indonesia (PB IKAMI) Sulsel sukses menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Sabtu, 25 September di Hotel La Macca UNM.

Rapimnas ditutup dengan kunjungan ke sejumlah makam pahlawan sebagai bentuk rasa syukur dan menjaga spirit pendahulu yang tidak pernah padam dimakan waktu.

Ketua Panitia Rapimnas IKAMI Sulsel Ahmad Awaluddin Aras mengapresiasi semangat juang dari 32 cabang se-Indonesia yang menjadi peserta rapimnas.

“Ada banyak destinasi wisata yang kita kunjungi. Mulai dari Makam Syeikh Yusuf Al Makassar, Makam Sultan Hasanuddin, serta Makam Sultan Sa’aduddin Arung Palakka dan Makam Pangeran Diponegoro,” katanya, Sabtu, 26 September.

Ziarah ke makam-makam para pahlawan diharapkan memberikan stimulus serta spirit untuk memantapkan gagasan pembangunan negeri yang berlandaskan keteguhan nurani pejuang yang berbasis nilai-nilai kebudayaan dan keluhuran.

“Tentu sebagai anak rantau kita memerlukan spirit itu. Disamping kita juga mengisi relung reljiusitas sebagaimana pesan ayahanda Prof Nazarauddin Umar saat mengisi nasihatnya di hari pertama Rapimnas,” tambahnya.

Selain itu, untuk memuaskan hati para peserta Rapimnas, panitia juga mengajak berwisata ke beberapa destinasi wisata kebudayaan. Seperti jelajah Balla Lompoa, Benteng Rotterdam, Masjid Kubah 99, Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

Ketua PB IKAMI Sulsel M. Iqra Zulfikar mengutarakan meski Rapimnas telah usai, namun semangat juang untuk membangun negeri berbasis nurani pejuang perlu diimplementasikan dalam aksi-aksi nyata yang berdampak di tengah masyarakat.

“Apapun dinamika yang terjadi di organisasi, tetap harus berpegang teguh pada kebenaran. Sebab itu merupakan bagian dari kemurnian nurani pejuang. Tidak boleh sekalipun mundur meski banyak rintangan yang malang melintang menghadang,” tegas Fikar.

Anggota Komisi X DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengapresiasi semangat pejuang kader IKAMI Sulsel yang terus menggerakkan kepemudaan dan kemahasiswaan rantau asal Sulsel di tanah rantau yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan tentu membawa angin segar untuk pembangunan negeri di masa mendatang. Kemurnian hati nurani disertai dengan ketajaman intelektualitas menjadi modal penting untuk membangun negeri,” urainya.

Kepala Bagian Hukum Humas dan Sistem Informasi Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Mustaddin Taggala, berharap momentum Rapimnas ini dapat dijadikan sebagai motifasi sekaligus mengasah kemampuan untuk menjadi calon pemimpin di kemudian hari.

“Ini adalah wadah untuk belajar menjadi pemimpin. Dengan segala keterbatasan yang ada, tentu itu sudah menjadi modalitas yang besar. Semoga IKAMI Sulsel dapat melahirkan Calon Presiden yang memiliki kepekaan untuk membangun negeri ini dengan lebih bijak,” tukasnya.

Terakhir, berdasarkan hasil keputusan forum Rapimnas, Batam dipilih sebagai kota berikutnya untuk menyelenggarakan Munas PB IKAMI SULSEL ke XIX.

Ketua IKAMI Sulsel Cabang Batam Muhammad Jasming mengutarakan rasa terima kasihnya atas amanah sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Munas PB IKAMI SULSEL ke XIX.

“Ini adalah amanah organisasi. Tentu kita akan kerahkan semuanya untuk penyelenggaraan Munas berikutnya. Apalagi ini menjad momentum untuk memambangkitkan semangat organisasi di tanah melayu,” tutupnya singkat.

By Abd Jafar

Reporter Kareba Indonesia

3 thoughts on “Sukses Gelar Rapimnas di Makassar, Batam Terpilih Jadi Tuan Rumah Munas Berikutnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi